Warga Dukung Rencana Lapas Enggano


BENTENG, BE – Wancana Bupati Bengkulu Utara (BU) Imron Rosadi untuk membangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di pulau Enggano, mendapat dukungan masyarakat Enggano di Bengkulu Tengah (Benteng).
Tokoh Masyarakat Enggano di Bengteng, Airin Rais SAg menilai, dengan adanya Lapas di pulau tersebut, akan dapat meningkatkan perekonomian warga Enggano. Airin menuturkan, jika wacana pembangunan lapas tersebut dapat direalisasikan, ia mengharapkan Lapas yang dibangunan tersebut khusus untuk tahanan kasus korupsi kelas kakap.
Pertimbangannya, kata Airin, jika para koruptor dikurung di kawasan pulau terluar Provinsi Bengkulu itu, maka arus kunjungan warga kepulau enggano akan meningkat drastis. Karena para keluarga koruptor tersebut akan sering mengunjungi anggota keluarganya yang ditahan dipulau enggano.
“Kalau mau bangun Lapas di Enggano, harus dibuat Lapas khusus koruptor kelas kakap,” ungkap Airin.
Dijelaskan Airin, dengan pembangunan Lapas khusus tahanan koruptor tersebut memang akan sedikit berdampak negatif, karena dianggap daerah pembuangan penjahat koruptor. Tapi, katanya, masyarakat akan dapat menerima, karena penjahat tersebut dikurung bukan dibiarkan berkeliaran dipulau dengan pemandangan alam sangat indah tersebut. “Kalau lahan tidak akan kekurangan, dan warga akan sangat mendukung pembangunan yang dilakukan pemerintah,” sebutnya. (320)