Warga Diminta Tingkat Kebersihan

=foto: Alimin Syafi’i =

KAUR SELATAN, Bengkulu Ekspress – Camat Kaur Selatan, Alimin Syafi’i SPd meminta kepada warganya untuk berperilaku hidup sehat dengan menggalakkan program pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Hal ini untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah dengue (DBD) yang akhir-akhir ini terus menghantui masyarakat Kaur, khususnya Kecamatan Kaur Selatan (KS).

“Mencegah DBD ini yang paling efektif adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang hidup bersih, salah satunya menjaga kebersihan lingkungan,” kata Camat kepada Bengkulu Ekspress kemarin (9/1).

Dikatakan matan Camat Nasal ini, sebelum dilakukan fogging oleh dinas terkait dilakukan, sebaiknya warga harus melakukan dan menjalankan program 3 M. Yakni menguras, menimbun dan menutup serta sadar kebersihan lingkungan tempat tinggal. Sebab dimusim hujan seperti sekarang ini warga rawan terserang DBD.“Kalau fogging hanya dilakukan jika satu wilayah terdapat kasus DBD untuk itu wilayah yang belum ada kasus sebaiknya melakukan pencegahan secara dini,” terangnya.



Ditambahkannya, aksi fogging itu bukan untuk memberantas melainkan hanya membunuh nyamuk dewasa. Sedangkan jentik nyamuk dapat dengan mudah untuk menyebar. Karena nyamuk aedes aegypti merupakan pembawa virus dari penyakit demam berdarah. Cara penyebarannya melalui nyamuk yang menggigit seseorang yang sudah terinfeksi virus demam berdarah. Virus ini akan terbawa dalam kelenjar ludah si nyamuk.

“Jika kebersihan lingkungan sekitar dijaga, dengan sendirinya nyamuk DBD tidak ada dan juga kesehatan masyarakat terjamin. Juga saya mengajak para Kades untuk selalu mengingatkan warganya tentang kebersihan lingkungan,” tandasnya.(618)