Warga Diminta Tidak Panik

KONFERENSI PERS: Kepala Dinkes Kaur didampingi stafnya saat menggelar konferensi pers terkait virus corona di aula Dinkes Kaur, dan foto bersama wartawan, Rabu (4/3).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Menyikapi wabah virus corona yang telah berdampak pada dua warga negara Indonesia (WNI), Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaur, Azwar SSos mengimbau agar masyarakat Kaur tak panik atau khawatir yang berlebihan.

Sebab hingga saat ini di Kabupaten Kaur belum ada laporan warga diduga terpapar atau suspect virus corona tersebut.

“Menyikapi informasi tentang penyebaran virus corona yang sudah masuk ke wilayah negara kita, saya minta kepada masyarakat untuk tenang atau tidak panik,” kata Azwar saat menggelar konferensi pers terkait virus corona di aula Dinkes Kaur, rabu (4/3).

Dikatakannya, sejauh ini diakuinya memang virus corona ini belum ada obatnya, sehingga masyarakat harus menjaga kesehatan tubuh. Sebab, bila tubuh sudah sehat, maka virus tidak akan bisa menyerang. Juga ia meminta warga tidak memborong masker dalam jumlah banyak.

Azwar menyarankan warga rutin mencuci tangan untuk mencegah penularan virus dari benda-benda yang disentuh dan masuk melalui makanan atau bagian wajah yang disentuh.

“Penularan virus seperti ini bisa karena tidak cuci tangan. Oleh karena itu cuci tangan sangat penting. Juga jauhi makan daging mentah dan memakan daging liar, dan juga biasakan jaga pola hidup sehat,” imbaunya.

Ditambahkannya, saat ini diakuinya kondisi Kabupaten Kaur cukup kondusif, dan juga sekali lagi ia meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik serta tidak mempercayai kabar liar yang bereda di medsos.

Juga terkait pencegahan, pihaknya selain menjaga kesehatan tubuh, juga melakukan antisipasi dengan membeli masker.”Sekali lagi kita imbau kepada warga Kaur tidak panik dan beraktivitas biasa saja, tidak perlu takut, selama kondisi tubuh sehat. Salah satu pencegahan yang efektif adalah dengan selalu waspada,” jelasnya.(618)