Warga Diminta Siaga Chikungunya

foto  : Ujang Ismail SKep MPH

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Adanya laporan dari warga Desa Batu Raja Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara (BU) mengenai warganya positif terkena penyakit Chikungunya, mengundang perhatian dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Utara (BU).

Plt Kepala Dinkes Bengkulu Utara, Syamsul Maafir SKM MKes melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dinkes Bengkulu Utara, Ujang Ismail SKep MPH mengakui sudah menerima laporan mengenai kasus ini bahwa sudah 56 orang yang terjangkit chikungunya dan dalam waktu dekat akan mengambil tindakan.

“Kami sudah menerima laporan mengenai kasus ini, walau sebenarnya penyakit ini bisa sembuh dengan pemberian vitamin dan istirahat yang cukup dari pasien,” kata Ujang.



Ujang juga menambahkan, pihaknya akan bekerjasama dengan Puskesmas terdekat untuk mengambil tindakan pencegahan meluasnya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini.

“Demi meluasnya penyakit ini, pihak kita sudah koordinasi dengan puskesmas setempat agar mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat,” ujarnya.

Selain itu, pihak Dinkes Bengkulu Utara  juga akan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan kalau memungkinkan akan dilakukan fogging di daerah yang sudah terjangkit penyakit chikungunya ini.  “Akan dilakukan foging jika memang diperlukan, karena semua peralatannya sudah kami siapkan, namun kami masih menunggu perkembangan lagi dari kasus ini,” tukasnya.(127)