Warga Diingatkan Tingkatkan Kewaspadaan

Ujang Syafiri

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Memasuki musim hujan ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur mengimbau masyarakat Kaur agar lebih meningkatkan kewaspadaan. Terutama terhadap potensi bencana alam, seperti banjir, longsor dan pohon tumbang. Sebab dengan curah hujan yang mulai meningkat beberapa hari terakhir terakhir ini berpotensi menimbulkan bencana longsor dan banjir.

“Oleh sebab itu kita meminta kepada masyarakat untuk selalu waspada, karena dengan adanya musim hujan ini bisa saja terjadi banjir dan bencana lainnya yang berhubungan dengan kondisi alam,” kata Kepala BPBD Kaur, Ujang Syafiri SPd, Minggu (15/8).

Dikatakan Ujang, perubahan cuaca ke musim hujan ini tentu saja menjadi perhatian baru bagi BPBD Kaur. Apalagi hampir disetiap tahunnya, pada saat musim hujan sangat berpotensi tanah longsor maupun banjir. Pada cuaca hujan ini, tingkat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) hampir dipastikan tidak terjadi. Namun resiko bencana alam lainnya sangat memungkinkan.

“Kita tetap siap siaga mempersiapkan segala sesuatunya dalam menghadapi musim penghujan, khususnya bagi wilayah yang kerap dan rawan terjadi longsor ataupun banjir,” terangnya.

Ditambahkannya, sebagai upaya antisipasi cuaca ekstrem. Pihaknya selalu berkoordinasi dengan relawan bencana. Sebab, relawan bencana ini selalu membantu di saat urgent, begitu juga dengan organisasi bencana lainnya. Juga pihaknya sudah sampaikan peringatan waspada ke seluruh aparatur kecamatan dan relawan tersebar di 15 Kecamatan Kabupaten Kaur.

“Kita stand by 24 jam dan jika untuk persiapan khusus sebenarnya tidak ada, tapi kita siap 24 jam menghadapi bencana. Semua personil juga sudah dilatih dengan pemahaman SOP. Juga kita minta kepada Kades dan Camat agar aktif memantau wilayahnya masing-masing,” harapnya. (618)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*