Warga Diimbau Tidak Bakar Lahan

TAIS,Bengkulu Ekspress – Kabupaten Seluma mulai muncul sejumlah titik api, akibat kebakaran lahan dan hutan (Karlahut). Guna mencegah terjadinya Karlahut di saat musim kemarau, Babinsa dari seluruh Koramil di Seluma melakukan sosialisasi dan imbauan kepada warga.

“Kita datangi warga untuk mengimbau dan mengajak agar tidak melakukan membuka lahan dengan cara membakar. Termasuk membakar sejumlah kayu ataupun sampah di kawasan mudah terbakar,” tegas Serda Rosyikin, Babinsa Desa Sekalak Kecamatan Seluma Utara.

Rosyikin menceritakan, bahwasanya seluruh Babinsa haruslah aktif dalam melakukan dan mengajak warga untuk tidak membakar lahan, khusus bagi mereka yang sengaja membuka lahan baru. Dimanapun tempatnya larangan pembakaran hutan dan membuka lahan tetap tidak diperbolehkan, termasuk di kawasan hutan lindung maupun kawasan hutan rakyat.



“Seluruh Babinsa wajib melakukan pencegahan pembakaran hutan di manapun berada,” sampainya.

Perlu diingatkan kembali kepada masyarakat luas, bagaimana dahsyatnya dampak akibat kebakaran lahan dan hutan yang terjadi pada waktu lalu. Satu hal yang sangat penting adalah kepedulian semua pihak untuk turut berpartisipasi mulai dari upaya pencegahan hingga penanganannya.

Jangan membiarkan orang atau pihak tertentu tetap melakukan perbuatan yang menyengsarakan masyarakat luas, setidaknya berikan informasi kepada aparat terkait untuk ditindaklanjuti guna dicegah sedini mungkin serta dilakukan penegakkan hukum. “Kita berharap ini bisa menjadikan warga seluma cerdas dan bermanfaat bagi kita semua,” singkat Rosyikin.(333)