Warga Diimbau Belanja di Dalam Kios Pasar Kutau

BERJUALAN: Para pedagang mulai berjualan di los yang baru di Pasar Kutau.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Dengan telah diserahkannya bangunan kios dan los Pasar Kutau kepada para pedagang, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Bengkulu Selatan (BS), Herman Sunarya SH MH mengimbau warga agar berbelanja dalam kios dan los yang baru dibangun tersebut.

“Saya berbarap warga mendukung penataan Pasar Kutau dengan berbelanja dalam kios dan los,” katanya.

Sebab, sambung Herman jika warga membeli pada pedagang di pinggir jalan atau di luar kios dan los, maka penataan pasar menuju pasar tradisional modern akan sulit terwujud. Pasalnya pedagang dalam kios daj los ketika warga hanya membeli ke pedagang di luar kios dan los, maka dagangan mereka sepi dan akhirnya mereka akan pindah berjualan ke luar los.

“Kalau dagangan mereka dalam kios dan los sepi pembeli lantaran warga berbelanja ke pedagang di pinggir jalan, maka penataan pasar akan gagal,” ujarnya.

Oleh karena itu, Herman Sunarya meminta warga berbelanja dalam kios dan los. Sebab tujuan dibangunnya kios dan los tersebut untuk penataan pedagang. Sehingga tahun 2019 lalu dibangun kios dan los di pasar kutau sebanyak 180 unit dengan dana Rp 3,8 Miliar. Lalu tahun 2020 kembali dianggarkan dana sebesar Rp 2,9 Miliar untuk merehab bangunan kios dan los pasar kutau. Untuk itu, Herman berharap semua warga BS mendukung upaya penataan pasar kitau, sehingga ke depan tidak semberaut lagi.

“Kalau warga tidak mendukung penataaan pasar, ke depan kondisi pasar akan semberaut lagi, saya harap warga ikut berperan aktif dalam penataab pasar,” harap Herman Sunarya. (asri)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*