Warga BP 2, Bantu Perbaiki Jalan Desa Niur

Penimbunan jalan secara gotong royong oleh warga Desa BP2 Sukaraja.

SUKARAJA, bengkuluekspress.com  – Kurangnya perhatian dari pemerintah desa, membuat masyarakat merogoh koceknya sendiri iuran untuk memperbaiki jalan penghubung desa dengan membangkitkan semangat bergotong royong.

Keberadaan jalan alternatif penguhubung antar Desa Bukit Peninjauan 2 dan Desa Niur Kecamatan Sukaraja sudah lama rusak. Ironisnya, jalan tersebut juga tak kunjung diperbaiki.

Warga Desa Bukit Peninjauan Kecamatan Sukaraja sepakat membeli material koral untuk perbaikan jalan milik Desa Niur Kecamatan Sukaraja. Dengan cara sokongan untuk membeli material penimbun badan jalan yang genangan air di kala hujan, sangat merugikan pengguna jalan.

“Ini inspirasi spontan warga Desa Bukit Peninjauan 2, karena setiap melewati jalan ini selalu becek dan licin, akhirnya warga memutuskan mencari donasi untuk memperbaiki jalan secara swadaya,” kata Maryanto yang merupakan warga Desa Bukit Peninjauan 2.

Warga lainnya, Suwarno menuturkan, jalan penghubung dan merupakan perbatasan Desa Niur dan Desa Bukit Peninjauan 2 kondisinya rusak parah. Panjangnya sekitar 100 meter, tak jarang saat hujan kondisi licin banyak pengendara terpeleset saat melintas di jalan tersebut. Sebab, selain rusak, ruas jalan juga kerap tertimbun lumpur.

“Setiap turun hujan, lumpur dari tempat tinggi mengalir ke jalan yang lebih rendah, sehingga jalan menjadi licin,”.

Jalan itu merupakan akses penghubung antar desa menuju Desa Bukit Peninjauan 2. Warga sudah lama mengajukan perbaikan, namun tak kunjung direalisasikan.

“Kami (warga) inisiatif iuran sukarela, ada dalam bentuk uang, tenaga juga material, dan dikerjakan secara gotong royong,” tandasnya. (333)