Warga Bengkulu Utara Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Bencana Alam


APRIZAL/BE
Kesiap siagaan pihak BPBD Kabupaten BU dalam mengantisipasi bencana alam.

ARGA MAKMUR, bengkuluekspress.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) meminta masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya bencana alam.
Seperti banjir, pohon tumbang, tanah longsor dan lainnya.
“Ya, karena intensitas curah hujan tinggi disertai angin kencang, kita imbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan,” kata Plt Kasi Kedarurat BPBD Kabupaten BU, Samsul Hadi.

Samsul Hadi mengakui, peringatan kewaspadaan ini telah disampaikan kepada aparatur kecamatan, desa, relawan untuk disampaikan kepada masyarakat dan pihaknya juga terus melalukan peninjuan dan monitoring secara rutin. Terutama masyarakat yang bermukim di seputaran aliran sungai dan di perbukitan, agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisir, begitu juga dengan para nelayan.
“Memang sejauh ini kita belum menerima adanya laporan, akan tetapi dengan cuaca seperti ini, kita wajib melakukan penyampaian dan imbauan peringatan kewaspadaan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Samsul Hadi menyampaikan, bahwa hampir di seluruh wilayah Kabupaten BU menjadi titik rawan langganan bencana alam. Sebab masyarakat tinggal di permukiman dengan topografi pegunungan, perbukitan, aliran sungai dan pesisir pantai. Maka dari itu, pihaknya telah menyiapkan peralatan evakuasi untuk menyelamatkan masyarakat jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. Diantaranya perahu karet, pakaian pelampung, genset, gas, kendaraan operasional, alat berat dan lainnya.
“Kami selama 24 jam selalu siaga untuk melayani masyarakat mengendalikan kebencanaan, agar tidak menimbulkan korban jiwa,” tukasnya.(127).

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*