Warga Banyak Idap Penyakit Degeneratif

Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU memantau langsung proses pengobatan gratis di Puskesmas Talang Babatan Kecamatan Seberang Musi Kepahiang.

SEBERANG MUSI, Bengkulu Ekspress – Setelah tiga titik pelaksanaan pengobatan gratis program komprehensif Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepahiang digelar, diketahui jika warga banyak mengidap penyakit degeneratif atau kondisi kesehatan dimana organ keadaannya menurun yang terus menerus seiring waktu.

Penderita penyakit degeneratif terdata di empat wilayah kerja Puskesmas yakni Puskesmas Pasar Kepahiang, Puskesmas Ujan Mas serta Puskesmas Kelobak yang ketiganya sudah melaksanakan program pengobatan gratis.

Kepala Dinkes Kepahiang, Tajri Fauzan SKm MM mengatakan, jenis penyakit degeneratif meliputi penderita sakit jantung, sakit gula yang menjadi perhatian khusus Dinkes.

Karena baru terdeteksi setelah pelaskanaan program komprehensif digelar untuk tiga titik awal.”Ya, kalau sakit batuk dan pilek memang banyak tapi yang jadi perhatian kita yaitu penyakit degeneratif yang diketahui setelah program ini digelar untuk tiga titik awal, ditiga titik itu ada penderita degenarif,” tutur Tajri, Rabu (11/3).

Menurutnya, Dinkes dan jajaran melakukan pembinaan kepada warga penderita penyakit yang diketahui dalam program pengobatan gratis, agar bisa menerapkan pola hidup sehat, paling tidak bisa mengurangi dampak dari penyakit diderita.

“Bisa mencegah munculnya penyakit lain yang dapat menggerogoti tubuh,” terangnya.

Rabu (11/3), Dinkes Kepahiang melalui Puskesmas Talang Babatan menggelar pelayanan kesehatan gratis secara komprehensif dengan melibatkan beberapa dokter umum dan dokter spesialis.

Ratusan warga kecamatan Seberang Musi antusias mengikuti program pengecekan kesehatan yang dihadiri langsung Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah sjahid MM IPU.

Bupati dalam arahannya, berharap pelayanan komprehensif tersebut dapat menjadi promotor agar masyarakat mengedepankan pola hidup sehat.”Harapan kita kegiatan komprehensif ini dapat menjadi salah satu promosi kesehatan kepada masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, seperti menjaga pola makan, rutin berolahraga serta menjaga kebersihan lingkungan sehingga kedepan akan terwujud masyarakat Kepahiang yang sehat, maju, mandiri dan sejahtera, ” ujar Bupati. (320)