Warga 7 Desa Krisis Air Bersih

PEMATANG TIGA, BE– Warga Pematang Tiga Lama kini mengeluhkan keringnya 3 sungai di tempat tinggal mereka. Yakni Sungai Tik Kura, Sungai Air Palik dan Sungai Susup. Ketinggian air sungai itu kini tinggal setengah meter. Akibatnya warga di 7 desa mengalami krisis air bersih. Sungai itu mengering akibat musim kemarau yang melanda saat ini. Ditambah sejumlah aktifitas pengerukan batubara.

“Sudah 2 tahun kering begitu, warga kesulitan air bersih, kekeringan disebabkan pengerukan batubara di pangkal sungai sejumlah perusahaan, itu yang jadi persoalan,” ungkap Kades Pematang Tiga Lama, Samidan, pada BE kemarin.

Keringnya sungai itu membuat warga di 7 desa  krisis air bersih. Antara lain Desa Batu Beriang, Air Kotok, Pematang Tiga, Pematang Tiga Lama, Tiambang, Kebun Lebar, dan Genting Dabuk. Warga tujuh desa itu lanjut Samidan sudah membuat kesepakatan dengan perusahaan, namun sudah 2 tahun realisasinya tak maksimal bahkan terhambat. Air sungai semakin menyusut sejak 5 bulan terakhir. Padahal warga sangat mengandalkan 3 sungai itu untuk memenuhi kebutuhan air. Karena sumur warga sudah kering. Atas kondisi ini warga berharap  ada perhatian pemerintah. ” Ya minta perhatian pemerintah dibangun PDAM untuk atasi masalah ini  atau solusi lainnya,” katanya (122)