Wanita-Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

merkelBANYAK orang yang menjadikan wanita sebagai inspirasi. Faktanya, kaum hawa memang sudah memiliki tempat tersendiri di kehidupan sosial, ekonomi bahkan panggung politik.

Pernah dengar nama Angela Merkel? Ya, benar! Dia adalah Kanselir Jerman. Pemilik nama lengkap Angela Dorothea Merkel ini sudah 10 tahun menjadi orang nomor satu di pemerintahan Republik Federal Jerman.

Karismanya begitu kuat. Di dalam negeri, wanita berusia 60 tahun ini berjuang mengangkat negaranya dari resesi nasional selama krisis ekonomi global. Berbagai kebijakannya seperti paket stimulus dan memberikan subsidi kepada perusahaan yang memotong jam untuk pekerja, telah membuat Jermn menjadi negara yang ekonominya paling dinamis di Eropa pada 2014.

Merkel juga dikenal bukan pemimpin perempuan yang kaku. Di dunia sepak bola, timnas Jerman sudah begitu akrab dengan Merkel di setiap ajang besar. Saat Der Panzer mengikuti ajang Piala Eropa dan Piala Dunia, tak hanya jamuan makan siang atau malam kenegaraan, Merkel juga bukan sosok asing buat timnas hingga ke ruang ganti pemain.

angela-merkel-

 

Di luar negeri, Merkel membawa Jerman menjadi terdepan membantu ekonomi Yunani.

Tak salah, jika Forbes (majalah bisnis terkemuka dunia asal AS), pada Selasa (26/5) kemarin, menempatkan wanita yang memiliki gelar Master of Science dari Leipzig University ini sebagai wanita paling berpengaruh di dunia. (adk/jpnn)

Berikut 10 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia (Forbes)

1. Angela Merkel (60 tahun, Jerman, politik)
2. Hillary Clinton (67, Amerika Serikat, politik)
3. Melinda Gates (50, Amerika Serikat, filantropi/NGO)
4. Janet Yellen (68, Amerika Serikat, finance)
5. Marry Barra (53, Amerika Serikat, otomotif)
6. Christine Lagarde (59, Prancis, filantropi/NGO)
7. Dilma Rousseff (67, Brasil, politik)
8. Sheryl Sandberg (45, Amerika Serikat, teknologi)
9. Susan Wojcicki (46, Amerika Serikat, teknologi)
10. Michelle Obama (51, Amerika Serikat, politik)