Walikota Layak Terima Penghargaan Terbaik Nasional

BENGKULU, BE – Penghargaan yang diterima Walikota Bengkulu H Ahmad Kanedi SH MH dari Menteri Koperasi dan UKM Dr Syarif Hasan sebagai walikota penggiat OVOP (One Village One Product) Terbaik Nasional 2012, dinilai banyak kalangan sangat layak dan tepat. Hal ini dikarenakan walikota H Ahmad Kanedi telah sukses dalam merintis dan mengembangkan One Village One Product jeruk kalamansi sebagai produk unggulan.
“Sangat wajar jika Menteri Koperasi dan UKM memberikan penghargaan kepada Bapak Walikota H Ahmad Kanedi sebagai penggiat OVOP terbaik nasional. Walikota bersama penggiat koperasi telah merintis OVOP jeruk kalamansi hingga sukses, dan tidak diragukan lagi produk unggulan OVOP jeruk kalamansi telah membawa kemajuan ekonomi kerakyatan di Kota Bengkulu,” kata Ketua Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) Kota Bengkulu Drs Mulyadi Wajis MM melalui Kepala Bidang Organisasi dan Kelembagaan Dekopinda kota Erwan Syafrial SE, saat diwawancarai wartawan kemarin, Selasa (3/7).
Menurutnya, walikota selama ini betul-betul sangat berpihak kepada pengembangan dan pemberdayaan koperasi di kota Bengkulu, sehingga implementasi terhadap hasil-hasilnya sudah sangat terbukti, seperti adanya produk unggulan Sirup Kalamansi yang terus berkembang tidak hanya di daerah tetapi juga di luar daerah.
“Bentuk perhatian yang dilakukan walikota terhadap penggiat koperasi telah menambah gairah iklim perkembangan koperasi yang ada di kota ini, sehingga penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM terhadap walikota betul-betul sangat layak,” ujar Erwan.
Hal senada juga disampaikan pengamat ekonomi Unib Dr Syaiful Anwar AB. Iamengatakan bahwa penghargaan yang telah diterima walikota tersebut merupakan bentuk pengakuan yang sangat tinggi, karena diberikan dan diakui langsung oleh Menkop dan UKM RI. “Ini bukti nyata bahwa OVOP jeruk kalamansi yang berkembang di Kota Bengkulu juga tidak sebagai produk unggulan saja, tetapi juga membawa iklim perubahan pada ekonomi kerakyatan yang ada di Kota Bengkulu, khususnya pada koperasi-koperasi,” ujar Syaiful.
Sementara itu, Ketua Koperasi Kultura Kalamansi Kota Bengkulu, Ahmad Jailani ketika diwawancarai mengaku sangat bangga dengan prestasi yang telah dicapai pemerintah Kota bengkulu dan instansi terkait dalam melakukan pembinaan pengembangan OVOP melalui koperasi, karena saat ini OVOP jeruk kalamansi sudah diakui oleh pemerintah pusat sebagai produk unggulan OVOP percontohan se-Indonesia.
“Kami sangat berterima kasih atas pembinaan yang dilakukan oleh Walikota, dinas instansi terkait dari pemerintah provinsi dan Kota Bengkulu, ke depan kami juga berharap Kota Bengkulu mampu meraih penghargaan yang tinggi lainnya, seperti penghargaan Upakarti dari Presiden Republik Indonesia,” ujarnya.
Sebelumnya, walikota Bengkulu H Ahmad Kanedi SH MH telah menerima penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM sebagai walikota penggiat OVOP (One Village One Product) Terbaik Nasional 2012 di Gedung SMESCO Kementerian Koperasi dan UKM RI di Jakarta, Senin (2/7). Bahkan walikota Bengkulu merupakan satu-satunya walikota se Indonesia yang menerima penghargaan tersebut. (400/nug/adv).