Walikota Launching Lift RSUD Kota Bengkulu

RSUD Kota
Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE, Wakil Walikota Ir Patriana Sosialinda dan Ketua DPRD Kota, Erna Sari Dewi SE saat menandatangani kesan dan pesan terkait dengan peresmian lift dan dilaunchingnya program makan siang gratis untuk keluarga pasien setiap Jumat di RSUD Kota Bengkulu, kemarin (17/3). (Foto CARMINANDA/Bengkulu Ekspress).

Mar 18, 2017  10:40

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE, Jumat siang (17/3) meresmikan lift dan bangunan lantai 3 dan 4 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bengkulu.

Selain itu, Helmi juga melaunching program makan gratis untuk keluarga pasien setiap Jumat.

Dalam sambutannya, Helmi mengungkapkan RSUD Kota Bengkulu dibangun berdasarkan kesadaran bersama seluruh masyarakat Kota Bengkulu. Selain itu, RSUD Kota tersebut hadir karena tingginya kebutuhan masyarakat Kota Bengkulu akan pelayanan kesehatan.

“Alhamdulillah rumah sakit yang diimpi-impikan seluruh warga kota perlahan sudah menemukan bentuknya, walau pun masih jauh dari harapan dan keinginan. Akan tetapi sebagai pendahuluan, ini rumah sakit sudah sangat baik. Rumah sakit ini adalah keniscayaan dan kebutuhan penting, maka Pemerintah Kota Bengkulu menyadari hal itu karena Pemkot mencanangkan tekad Bengkulu ku Sehat,” paparnya.

Helmi menceritakan, diawal masa kepemimpinannya bersama Wakil Walikota Bengkulu Ir Patriana Soialinda, sedikit sekali pihak yang yakin bahwa Kota Bengkulu dapat mendirikan rumah sakit. Akan tetapi, berkat kerja keras, komitmen, dan keseriusan pihkanya untuk mewujudkan Bengkulu Ku Sehat, akhirnya Kota Bengkulu dapat memiliki rumah sakit sendiri.

Awalnya, pembangunan RSUD Kota Bengkulu hanya bermodalkan anggaran APBD Kota Bengkulu 2013 senilai Rp 1 miliar. Kemudian, dengan minimnya anggaran tersebut, Helmi menjalin komunikasi politik dengan Menteri Kesehatan pada saat itu. Setelah itu, barulah Kota Bengkulu mendapat bantuan untuk mendirikan RSUD Kota yang megah seperti saat ini.

Selain itu, DPRD Provinsi Bengkulu juga turut berkontribusi dalam pembangunan RSUD Kota Bengkulu ini. Sebab, pada saat itu, keberhasilan Helmi melobi dan meyakinkan para anggota DPRD Provinsi Bengkulu yang pada akhirnya menggelontorkan dana sebesar Rp 12 miliar untuk membantu pendirian RSUD Kota Bengkulu.

“Ketika itu sedikit sekali orang yang yakin bahwa Kota Bengkulu mampu mendirikan rumah sakit sendiri. Tetapi kita yakin, If there’s a will, then there is a way. Jika ada kemauan insya Allah ada jalan,” ucap Politisi PAN ini.

Tak hanya itu, dalam acara peresmian lift dan launching makan gratis untuk keluarga pasien setiap hari Jumat tersebut, Helmi juga mengingatkan Direktur RSUD Kota Bengkulu dr Lista Cerlyviera beserta seluruh dokter dan perawat di RSUD Kota Bengkulu untuk memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh pasien. Bahkan Helmi menegaskan, bila ada petugas RSUD Kota Bengkulu yang tidak melayani pasien dengan baik, maka akan dipindahkan ke daerah terpencil.

“Siapa pun yang bertugas di rumah sakit ini, apakah dia direktur, dokter, perawat, itu adalah profesi mulia, bukan profesi sembarangan. Itu adalah pilihan langit, anda semua harusnya lebih dahulu masuk surga ketimbang yang lain. Lalu jangan orang sudah meriang, sudah sakit malah dikasih muka masam, baunya juga masam, bisa pingsan itu pasien. Pesan saya, layani dengan hati,” pintanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Bengkulu, dr Lista Cerlyviera menjelaskan, saat ini RSUD Kota Bengkulu sudah mulai dilirik oleh masyarakat Kota Bengkulu dan masyarakat dari kabupaten sekitar.

Hal tersebut terbukti dengan semakin banyaknya pasien yang berobat di RSUD Kota Bengkulu.

Meningkatnya jumlah pasien yang berobat di RSUD Kota Bengkulu tersebut dikarenakan pembenahan serta penambahan fasilitas medis di RSUD Kota Bengkulu yang terus bertambah. Selain itu, tenaga medis profesional seperti dokter dan perawat juga terus ditingkatkan. Prestasi tersebut dilengkapi lagi dengan pada September 2016 lalu RSUD Kota Bengkulu memperoleh akreditasi pertama.

“Begitu juga pada 2 Maret lalu, kita juga mendapatkan penilaian kategori A dalam role model pelayanan publik dari 59 rumah sakit tingkat kabupaten dan kota yang dilakukan penilaian pada 2016. Itu penghargaan dari Kemenpan RB,” paparnya.

Untuk itu, Lista berharap seluruh stakeholder di Kota Bengkulu dapat terus menjaga komitmennya dalam mengembangkan RSUD Kota Bengkulu.

Setelah menggelar acara peresmian, rombongan Walikota Bengkulu kemudian meninjau langsung lift dan lantai 3 serta 4 di RSUD Bengkulu. Selain itu, rombongan Walikota juga sempat menjenguk dan mendoakan pasien di RSUD Kota Bengkulu agar lekas sembuh.(311)