Walikota Dukung Lapas Bentiring

IST - Walikota bersama petugas Kakanwil saat melakukan peninjauan dilokasi tempat akan didirikannya lapas. Pada tahun 2014, lapas ini ditargetkan sudah dapat digunakan.BENGKULU, BE – Jajaran Kemenkumham Provinsi Bengkulu, Selasa (23/7) berkunjung ke kantor walikota.  Mereka berkoordinasi dan meminta dukungan dalam pembangunan Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) yang akan di bangun di wilayah Bentiring dengan luas wilayah 5 hektare. “Sudah beberapa kepemimpinan sebelumnya di Kemenkumham Bengkulu, Kota Bengkulu belum memiliki Lapas Baru, karena itu, kami akan membangun lapas baru di Bentiring, karena Lapas yang ada di Malabero saat ini sudah tidak memadai lagi,” kata F Haru Tamtomo, Kakanwil Kemenkumham Bengkulu di ruang kerja walikota.
Dirinya juga memaparkan bahwa saat ini proses pembangunan Lapas di Bentiring sudah mulai dalam tahap pembangunan. “Sekarang lahan yang akan didirikan Lapas itu sudah di pagar, sementara untuk dana pendiriannya sudah dapat dari pusat melalui dana APBN,” terangnya. Dan tidak lama lagi, lanjutnya, akan segera pula dibangun kantor, dapur dan poliklinik, sehingga diharapkan pada tahun 2014 Lapas ini sudah bisa ditempati.
Sementara itu, Walikota Bengkulu H Helmi Hasan sangat mendukung pembangunan Lapas di Bentiring.  “Saya rasa dengan lahan 5 hektare, cukup layak untuk para narapidana. Karena Lapas yang kita miliki sekarang dinilai sudah tidak layak lagi,” ujar Helmi Hasan.
Karena untuk membuka hati para narapidana, lanjutnya, butuh tempat yang lebih nyaman  sehingga mereka bisa menyadari kesalahannya dan tidak mengulangi lagi.
Usai melakukan pertemuan di ruang kerja walikota, walikota juga mengajak jajaran Kemenkumham yang ada beserta, sekretaris daerah, para asisten dan Dinas PU untuk meninjau lokasi pembangunan Lapas di Bentiring.  Di sana rombongan melihat langsung, lokasi pembangunan Lapas.
“Bangunan ini akan dibangun dengan 2 lantai. Diharapkan dengan 2 lantai, kita bisa menampung narapidana yang lebih banyak,” ujar Haru Tamtomo saat meninjau lokasi pembangunan Lapas di Bentiring.
F Haru Tamtomo dalam kesempatan itu, juga meminta kepada walikota Bengkulu agar dapat membantu segera mungkin  membangun jalan masuk menuju ke Lapas. (009/rls/rmd)