Walikota Bengkulu: Pendidikan Keterampilan Yang Dibutuhkan Pada Abad 21

pemkot_hardiknas3
Walikota Bengkulu foto bersama dengan pemenang Olimpiade Siswa Nasional (OSN), dan Olimpiade Olahraga Nasional (O2SN) tingkat SMP/MTs se-Kota Bengkulu.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang digelar pemerintah kota Bengkulu, hari ini, Senin (02/05/2016), di halaman kantor Walikota Bengkulu, menjadi momen penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kota Bengkulu.

“Salah satu dukungan yang perlu kita berikan pada anak-anak Indonesia sekarang adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah sesuatu yang memang mereka butuhkan,” ujar Walikota Helmi Hasan, dalam sambutannya.

Menurutnya, keterampilan yang utuh  sangat dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini. Hal ini mencakup tiga komponen, diantaranya yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi.

“Karakter terdiri dari dua bagian. Pertama, karakter moral, sesuatu yang sering kita bicarakan antara lain adalah nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, integritas, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih, sopan santun,” terangnya.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya, Lanjut walikota, yaitu karakter kinerja seperti sikap mau kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu tinggi, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi, dan kepemimpinan, juga tak kalah penting harus di miliki.

“Kita ingin anak-anak Indonesia menumbuhkan kedua bagian karakter ini secara seimbang. Kita tak ingin anak-anak Indonesia menjadi anak yang jujur tapi malas, atau rajin tapi culas. Keseimbangan karakter baik ini akan menjadi pemandunya dalam menghadapi lingkungan perubahan yang begitu cepat,” papar Walikota.

Diakhir sambutannya, Walikota mengatakan, pada abad 21 anak-anak Indonesia juga harus di tuntut untuk mampu menghadapi masalah-masalah yang kompleks dan tidak terstruktur.

Untuk itu, mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi serta kemampuan kolaborasi.

“Ini adalah tugas kita dalam memberikan ruang bagi anak-anak Indonesia untuk berkontribusi, memajukan dirinya, memajukan masyarakatnya, memajukan kebudayaan bangsanya. Rasa percaya dari orang dewasa kepada anak-anak untuk berkarya dan ikut membawa kebudayaan kita terus bergerak melangkah maju adalah kunci kemajuan negara,”

Melalui momen Hari Pendidikan Nasional ini, dirinya juga mengajak agar kita ikut bergerak, ikut terlibat dalam memperluas dampak pendidikan terhadap saudara-saudara sebangsa yang belum sepenuhnya merasakan arti pentingnya pendidikan.

“Nyalakan pelita, terangkan cita-cita sebagai tema Hari Pendidikan Nasional. Kita ingin pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya,” harapnya.

Pantauan bengkuluekspress.com, dalam peringatan Hari Pendidikan ini, tampak hadir unsur FKPD Kota Bengkulu, anggota DPRD Kota Bengkulu, para pejabat eselon II, III, dan IV, PNS, TNI dan Polri, pelajar dan undangan lainnya dengan menggunakan pakaian melayu.

Sementara itu, di akhir upacara terlihat walikota juga melakukan penyerahan piala kepada para pemenang Olimpiade Siswa Nasional (OSN), mulai tingkat SD/MI dan tingkat SMP/MTs, dan Olimpiade Olahraga Nasional (O2SN) tingkat SMP/MTs se-Kota Bengkulu. (one/prw).

Foto Berita Bergambar Upacara Peringatan Hardiknas Kota Bengkulu Tahun 2016.