Walikota Bengkulu Gratiskan PDAM untuk 3 Ribu Pelanggan Hingga 1 Tahun

FOTO IST – Walikota Bengkulu Helmi Hasan didampingi Wakil Walikota Dedy Wahyudi menyerahkan surat penggratisan tagihan PDAM selama 1 tahun ke Direktur PDAM Sjobirin Hasan, Kamis (26/03).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Walikota Bengkulu, Helmi Hasan, membuat keputusan mendadak untuk menggratiskan tagihan PDAM selama 1 tahun bagi masyarakat kelas 2A atau kategori ekonomi menengah kebawah. Hal itu dilakukan karena menurunnya perekonomian dan pendapatan masyarakat sebagai imbas dari wabah corona.

Keputusan itu diambil karena PDAM adalah merupakan perusahaan milik pemerintah Kota Bengkulu. Walikota berharap dapat meringankan masyarakat Kota Bengkulu ditengah ancaman bencana wabah corona yang membuat sebagian masyarakat tidak bis beraktifitas seperti biasanya.

“Hari ini saya menyampaikan surat ke Direktur PDAM untuk membebaskan tagihan. Tapi tidak semuanya, ada klasifikasinya yakni rumah tangga kelas 2A atau menengah kebawah,” ucap Helmi Hasan, Kamis (26/03).

Sementara Direktur PDAM Kota Bengkulu, Sjobirin Hasan mengatakan akan segera menindaklanjuti perintah dari walikota. Pihaknya akan seger mendata masyarakat Kota Bengkulu yang layak digratiskan sesuai dengan kategori menengah kebawah.

” Ya akan kita tindaklanjuti segera ya, itu perintah langsung walikota. Akan ada sekitar 3000 pelanggan PDAM yang digratiskan, yakni golongan rumah tangga 2A selama 1 tahun terhitung dari Maret 2020 hingga Februari 2021,” jelas Sjobirin.

Diharapkan kebijakan yang diambil oleg pemerintah kota tersebut dapat membahagiakan dan meringankan beban masyarakatnya ditengah teror corona yang berdampak pada hasil perekonomian masyarakat. (Imn)