Walikota Ajak Tingkatkan Sedekah,dan Salat di Masjid

MEDI/Bengkulu Ekspress Walikota Helmi Hasan melaksanakan malam takbiran bersama ribuan masyarakat Kota Bengkulu dalam rangkaian acara gema takbir 1001 bedug.

1001 Bedug dan Obor Iringi Gema Takbir

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi melaksanakan Salat Idul Fitri bersama di Masjid At Taqwa Kota Bengkulu, Rabu (15/6). Atas nama Pemerintah Kota Bengkulu dan mewakili seluruh jajarannya, Helmi Hasan mengucapkan minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin atas dosa dan khilaf yang disengaja maupun tidak disengaja.

Selain itu ia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetap mempertahankan masjid dan terus meningkatkan amal ibadah dan kualitas keimanan meski bulan ramadan sudah berakhir. ” Pertahankan salat berjamaah di masjid di awal waktu, pertahankan baca Al Quran minimal 1 bulan 1 kali khatam quran,” ujar Helmi dalam sambutannya kepada jamaah yang hadir di Masjid At Taqwa saat melaksanakan salat Id.

Helmi menjelaskan bahwa sesungguhnya bulan ramadan adalah bulan untuk pemanasan. Dan di bulan syawal atau 11 bulan kedepan ada waktu yang sebenarnya untuk bertanding melawan hawa nafsu, maksiat, dan perbuatan yang merugikan lainnya. Maka dari itu dalam kesempatan ini, ia mengajak agar masyarakat untuk menjadi pemenang dalam pertandingan selama 11 bulan kedepan.

“Pemenang itu adalah orang yang masih meningkatkan ibadah sunnahnya baik salat tahajud, salat tasbih, inilah orang-orang yang menjadi pemenang, orang-orang yang bersih dan suci, maka kuncinya tidak lain, mari makmurkan masjid, ketika kita senang ke masjid maka Allah SWT akan tolong kita,” jelasnya.

Selain itu ia juga menginggatkan untuk mempertahankan dan meningkatkan infaq sedekah, karena juga menjadi salah satu kunci agar menjadi pribadi yang dicintai oleh Allah SWT.  ” Seorang pemenang itu yang bisa meningkatkan sedekahnya mulai hari ini sampai ketemu kembali diawal ramadan tahun depan nanti,” tuturnya.

Ustadz Dani Hamdani menjadi imam sekaligus memberikan khotbah kepada ribuan jamaah salat id ini, dan dalam ceramah singkatnya menjelaskan bahwa salat Id mengingatkan jemaah tentang fitrahnya. “Fitroh kita mencintai orangtua, Fitroh kita mencintai keluarga, fitroh kita mencintai sahabat dan tetangga serta Fitroh kita mencintai semua lapisan kehidupan berbangsa dan negara. Momentum hari raya lebaran idul Fitri 1440 Hijriah ini, mari jaga fitroh kita,” sampai Ustadz Dani.

Usai Solat Idul Fitri, Walikota dan Wakil Walikota saling bersalaman dengan masyarakat mohon maaf lahir dan batin serta dilanjutkan dengan open house di Balai Kota. Pemkot juga menggelar Open House di Balai Kota Bengkulu yang merupakan rumah dinas Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan di rumah dinas Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi yang berada di Perumnas Cempaka Permai Kota Bengkulu.

” Open house ini kita adakan untuk berbagi kebahagian dengan masyarakat Bengkulu. Dengan adanya open house ini diharapkan timbul kedekatan antara pemerintah dengan masyarakat. Silakan menikmati makanan yang telah disiapkan, jangan malu malu bapak dan ibu, Balai Kota ini rumah rakyat, rumah kita bersama,” ucap Helmi.

Suasana keakraban antara pemimpin dengan rakyatnya sangat terasa dalam open house tersebut, dan masyarakat yang hadir tampak antusias bisa berjabat tangan dan berkomunikasi langsung dengan Walikota dan Wakil Walikota.
“Kami sengaja datang kesini, kami datang dari Bumi Ayu hanya untuk berlebaran dengan bapak Walikota Helmi Hasan,” ucap salah satu warga Kelurahan Sukamerindu, Nuraini.

Warga kelurahan Rawamakmur, Yandi menyampaikan menjadi kebanggaan tersendiri bisa bertemu langsung dengan Walikota dan Wakil Walikota di momen lebaran. “Sebelum hari lebaran maren, kami mendapatkan bantuan sembako yang diserahkan Bapak Walikota bekerjasama dengan Baznas dan malam tadi juga dapat minuman saat malam takbiran,” ungkap Yandi.

001 Bedug dan Obor Iringi Gema Takbir

Walikota Helmi Hasan dan Gubernur Rohidin Mersyah membuka langsung kegiatan gema takbir 1001 bedug, 1001 obor, dan 1001 doorpirze di halaman Masjid At Taqwa, selasa (4/5) malam. Usai membuka acara, Walikota dan Gubernur pun langsung memukul bedug sembari melakukan takbiran bersama masyarakat, dengan suasana yang sangat meriah karena juga dihiasi dengan ribuan obor.

“Allahu Akbar…Allahu Akbar…Allahu Akbar..Laa Ilaaha Illaalaah Wallahu Akbar, Allahu Akbar Walillaahil Hamd,” ucap Walikota yang mengumandangkan takbir sembari memukul bedug dan diikuti oleh masyarakat lainnya.

Kegiatan malam takbiran yang digagas oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan diawali dahulu dengan buka puasa bersama, solat magrib dan isya berjamaah yang dihadiri Gubernur Bengkulu, Kapolda Bengkulu, Unsur Forkopimda, FKPD Kota Bengkulu, Sekda Kota Bengkulu, Asisten, Kepala OPD serta Wakil Ketua 1 DPRD Kota Bengkulu.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kota Bengkulu yang telah ikut serta sukses mensukseskan malam takbiran 1001 bedug di masjid At Taqwa Kota Bengkulu. “Persiapan acara takbir 1001 bedug ini hanya 2 hari, Alhamdulillah acara terselenggara dengan sukses. Ini perdana kita lakukan di Kota Bengkulu, ini kita lakukan dipusatkan hanya di masjid. Pemerintah Kota Bengkulu selalu mengajak semua masyarakat untuk memakmurkan masjid. Dengan memakmurkan masjid, insha Allah, Allah akan turunkan keberkahan dari langit dan keberkahan dari bumi,” jelasnya.

Helmi mengingatkan semua masyarakat untuk selalu tetap semangat memakmurkan masjid.”Bulan Ramadan sudah berakhir, tapi semangatnya tidak boleh meninggalkan kita, semangat memakmurkan masjid, semangat untuk solat berjamaah, semangat untuk tadarus, semangat untuk bersedekah,” sampainya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengapresiasi malam takbiran yang diselenggarakan Pemerintah Kota Bengkulu, dan meski beru dipersiapkan dalam waktu 2 hari namun berkat dukungan seluruh pihak kegiatan tersebut berjalan sukses dan meriah, terlihat dari banyaknya masyarakat yang datang.

” Ini acara penuh sukacita, penuh dengan nilai nilai kekeluargaan, jamuan makan malam, nabuh 1001 bedug serta penuh dengan doorprize. ini sebagai bentuk kesungguhan menyambut lebaran idul fitri dal suasana suka cita, bahagia, nyaman dan ruang gembira menyambut hari kemenangan,” ungkap Rohidin.Lanjutnya, acara seperti ini dapat menyambung silaturahmi dan penuh nilai nilai kekeluargaan. Dan ia berharap agar kegiatan ini dapat terus dilakukan

setiap malam takbiran bahkan ditingkatkan dengan mengundang seluruh kepala daerah se-Provinsi Bengkulu. “Kalau saja ini dilakukan seluruh Bupati Kabupaten/Kota di Bengkulu seperti ini, tentu saja saya merasa adem, merasa tenang dan nyaman melihat keseluruhan masyarakat Bengkulu hidup dalam suasana Religius,” pungkasnya.
Untuk diketahui, usai melaksanakan Takbiran bersama, Gubernur, Walikota dan seluruh masyarakat Bengkulu menyantap gulai kambing dan nasi kebuli yang telah disiapkan Laskar At Taqwa. Dan diakhir acara dibagikan doorprize berupa paket minuman dan jam dinding sebagai kenang-kenangan. (805)