Wali Kota Launching HD Clean Siapkan Bersihkan Rumah Ibadah

IST/BE
Wali Kota Helmi Hasan melaunching Program HD Clean sekaligus menyerahkan peralatan secara simbolis kepada petugas kebersihan, kemarin.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Wacana Pemerintah Kota Bengkulu untuk menciptakan Program HD Clean secara resmi telah diluncurkan oleh Walikota, Helmi Hasan SE di halaman Masjid At Taqwa, Anggut Atas, kemarin (20/1). Dalam kegiatan tersebut, program HD clean sudah bisa beroperasi, dan bagi masjid-masjid yang kotor dan membutuhkan pembersihan cepat, maka bisa langsung menggunakan layanan HD Clean ini secara gratis.

“Nanti petugas HD Clean ini akan bekerja membersihkan seluruh perangkat rumah ibadah, seperti sajadah, toilet, mukena/sarung, karpet, lantai, kaca jendela, ventilasi dan lainnya, sehingga bersih dan harum,” kata Wali Kota, Helmi Hasan didampingi Wakil Walikota Dedy Wahyudi SE MM.

Pada peresmian program ini, Walikota juga menyerahkan secara simbolis fasilitas berupa 1 unit mobil box serta peralatan, seperti sapu, kain pel, seragam petugas, dan sarana kebersihan lainnya. “Semua sudah dilengkapi dan bisa beroperasi semaksimal mungkin. Semua ini bentuk kepedulian agar setiap rumah ibadah betul-betul menjadi bersih dan nyaman, membuat tenang serta menyehatkan saat kita menjalankan ibadah,” jelasnya.

Ia berharap program ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama para pengurus rumah ibadah. Namun, ia juga mengimbau meskipun ada pelayanan kebersihan ini, masyarakat juga harus tetap menjaga kebersihan. “Pengurus rumah ibadah harus menjaga agar kenyamanan dan kebersihan selalu terjaga dirumah ibadah tersebut. Guna Visi dan Misi kota Bengkulu religius dan bahagia bisa dirasakan semua rumah ibadah bukan hanya tulisan, harapan dan doa semata,” tuturnya.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota, Maas Sabirin Taher mengatakan pihaknya sudah menempatkan Satuan Tugas (Satgas) yang bertanggung jawab dengan kebersihan ini, dan tak hanya masjid saja, tetapi juga melayani rumah ibadah agama lainnya seperti gereja, wihara, klenteng, pure dan sebagainya. “Kita berkordinasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bengkulu untuk daftar rumah ibadah dan akan melakukan operasi sesuai dengan daftar yang telah didata. Sehingga, HD Clean akan rutin beroperasi bertahap secara bertahap,” imbuh Maas. (805)