Wakil Walikota Bengkulu Turun Langsung Pantau Banjir

Patriana SosialindaBENGKULU, bengkuluekspress.com – Hujan yang mengguyur Kota Bengkulu sejak Rabu (20/09/17) pagi membuat sejumlah wilayaj di Kota Bengkulu terkepung banjir. Prihatin dengan hal tersebut, Wakil Walikota Bengkulu, Patriana Sosialinda turun langsung memantau sejumlah titik banjir, salah satunya yang terparah di wilayah Bumi Ayu Residence Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar Kota Bengkulu.

Tiba di kawasan Bumi Ayu, Wawali langsung menerima keluhan-keluhan yang disampaikan oleh warga yang terkena banjir. Wawali menghimbau semua pihak untuk waspada mengantisipasi kemungkinan banjir yang lebih tinggi lagi.

“Dengan curah hujan yang terus mengguyur ini kita harus waspada tingkat air yang lebih tinggi. Kali pertama yang harus kita lakukan penyelamatan lah ya, masyarakat kita selamatkan, kemudian kita intervensi, kita fasilitasi dengan sarana prasarana. Mereka harus terakses dengan sumber air bersih, MCK, makanan, akses kesehatan semuanya harus ada. Kalau sampai malam hujannya tidak berhenti artinya kita juga butuh penerangan,” ungkap Wawali.

Untuk memenuhi semua kebutuhan warga korban banjir, saat ini berbagai pihak juga telah bekerja sama. Sejauh ini pihak-pihak yang telah turun langsung memantau titik banjir dan menyiapkan bantuan untuk para korban banjir ialah Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, BPBD, Tagana, dan PBK.

Patriana Sosialinda juga mengingatkan semua pihak mencari solusi untuk banjir ini agar tidak selalu berulang, karena menurutnya tidak cukup jika sekedar mencari solusi menghadapi banjir, akan lebih baik jika dapat menemukan solusi agar banjir ini tidak terus terulang.

“Mumpung sekarang belum begitu terasa, tapi sekian tahun kedepan beda, harus disiapkan dari sekarang. Ini bukan main-main ya, mumpung ini belum berdampak serius, kita harus menyiapkan segala sesuatunya. Nggak mungkin setiap terjadi iklim kita seperti ini kita hanya menyikapinya dengan menyiapkan posko pengungsian, dapur umum dan sebagainya. Tidak bisa terus seperti itu, ada langkah strategis yang harus kita persiapkan agar sekian tahun kedepan berbagai kemungkinan yang akan kita hadapi dapat kita atasi,” jelasnya. (Ibe)