Wakil presiden Resmikan Tiga Program


Foto : Ist

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu sudah berkoordinasi dengan Sekretariat Negara (Sekneg) dan Staf Wakil Presiden terkait agenda tambahan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla saat datang ke Provinsi Bengkulu pada tanggal 15 Februari mendatang.  Dari lima program yang diusulkan untuk dilaunching, hanya 3 program yang sudah pasti akan diresmikan Wapres saat ke Bengkulu membuka acara Tanwir Muhammadiyah ke-51 tersebut.

Tiga program itu adalah peresmian pabrik pengemasan Semen Padang di area rencana Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pulau Baai Bengkulu, peresmian pemanfaatan Integrated Terminal Operating System (ITOS) di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu dan penyerahan asuransi nelayan kepada nelayan di 7 (tujuh) kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

“Sementara 3 program itu dulu yang bisa diresmikan oleh Pak Wapres,” terang  Asisten I Setdaprov Bengkulu, Drs Hamka Sabri MSi kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (11/2).

Sementara dua program lagi yaitu, penandatanganan komitmen bersama percepatan pelepasan Badan Layanan Umum (BLU) Bandara Fatmawati oleh Kementerian Keuangan, yang dilanjutkan dengan Penandatangan Perjanjian Kerjasama antara PT Angkasa Pura II dengan Kementerian Perhubungan RI serta penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Provinsi Bengkulu dengan PT Penjaminan Infrastruktur lndonesia (Pll) tentang komitmen penjaminan proyek Kerjasama Pemerintah Badan Usaha Pembangunan Rel Kereta Api dari Pulau Baai ke Kota Padang, masih dibahas kembali bersama Sekneg.



“Dua program ini masih dibahas lagi. Karena ada beberapa yang masih perlu diselesaikan,” ujarnya.

Menurut Hamka, tim yang ada di Jakarta masih melakukan pembahasan bersama agar Wapres bisa meresmikan dua program yang diyakini mampu mendongkrak ekonomi Provinsi Bengkulu itu.  “Petugas kita di Jakarta masih melobi untuk itu,” tambah Hamka.  Agenda Wapres ke Bengkulu hanya dijadwalkan satu hari berada di Bumi Rafflesia ini.

Saat tiba di Bengkulu, Wapres langsung menuju ke Gedung Daerah untuk membuka acara Tanwir Muhammadiyah. Setelah selesai, Wapres langsung menuju kawasan Pelabuhan Pulau Baai untuk meresmikan 3 program yang telah digagas oleh Pemprov Bengkulu.

Terakhir, agendanya salat berjemaah di salah satu masjid di Kota Bengkulu. “Cuma satu hari di Bengkulu. Jadi tidak nginap,” katanya.  Berbagai sajian makanan khas Bengkulu akan disajikan kepada wapres. Seperti pendap, tempuyak, lemang dan berbagai makanan lainnya. “Makanan khas itu pasti kita sajikan. Ini sebagai bentuk kebanggan masyarakat Bengkulu,” pungkas Hamka. (151)