Wajah Bule Bikin Mahal

220237_562015_bule_modelSURABAYA – Bukan, dia bukan Kristen Stewart, bintang Twilight yang terkenal, itu. Namanya adalah Valeria Netesa, gadis berusia 19 tahun. Model asal Rusia tersebut sedang berkunjung ke Surabaya di bawah kontrak Putramodels.Inc selama tiga bulan.

Kamis (21/8) Lera, sapaan Valeria, tengah menjalani pemotretan di sebuah studio di kawasan Nginden, Surabaya. Dia tidak sendiri. Dia didampingi seorang model blasteran Indo-Skotlandia, Desy Francissy.

Fenomena wajah-wajah Kaukasia akhir-akhir ini memang tidak hanya menghiasi berbagai perhelatan fashion di Surabaya, tetapi kota-kota lain seperti Bandung dan Jakarta. ’’Model-model bule memberikan taste yang berbeda. Wajahnya lebih komersial, classy, dan mahal,’’ ujar Mat Hasan Putra, 25, pemilik Putramodels.Inc.

Wajah-wajah Kaukasia, ujar dia, sangat memenuhi persyaratan untuk menyajikan tampilan-tampilan foto yang menawan. Kulit putih, tulang rahang yang kukuh, dan tatapan mata yang tajam menjadi kekuatan perempuan Kaukasia. Hal itu menjadi pendongkrak tajam bisnis fashiontanah air.

Sejak menjalani usahanya selama empat tahun, per tiga bulan sekali Putra mendatangkan 3–4 model asing ke Indonesia. Selama tiga bulan tersebut, para model itu dikontrak menjalani sesi pemotretan atau fashion show di berbagai kota di tanah air. ’’Paling banyak model dari Rusia dan Brasil. Kalau model Brasil cantik, ya cantik banget. Model Rusia terkesan strong,’’ tutur pria asal Madura itu.

Hal serupa disampaikan salah seorang desainer asal Surabaya, Devina Kamandhanu. Meski masih terhitung baru di dunia desain, perempuan 23 tahun tersebut sudah berani pasang harga dengan menggunakan model-model luar untuk desain-desainnya. Konsep baju yang simpel, jelas dia, akan tetap terlihat menonjol dan memikat saat dikenakan model berwajah bule.

’’Konsep baju saya memang lebih ke western, Soft, dan simple, tetapieverlasting. Warnanya juga enggak macam-macam,’’ paparnya. Untuk itulah, dia memerlukan model dengan western look agar kesimpelan desain menjadi sesuatu yang menonjol.

Lalu, bagaimana dengan sang model sendiri? Hal tersebut tentu menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan. Apalagi Lera adalah penggemartraveling. ’’Saya beruntung mempunyai kesempatan ke Indonesia. Setelah bekerja, saya diajak berkunjung ke tempat-tempat wisata,’’ ungkap perempuan dengan tinggi 178 cm itu. Bahkan, Lera berencana menambah masa tinggalnya di Indonesia. ’’Saya ingin banyak makan mi ayam.Haha,’’ candanya. (rim/c20/dos)