Waiting List CJH di Benteng Capai 1.500 Orang


IST/BE
VAKSIN : Kepala Kemenag Benteng didampingi Kasi PHU saat memantau proses penyuntikan vaksin terhadap para CJH yang dijadwalkan berangkat tahun ini

BENTENG,bengkuluekspress.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mencatat ada sebanyak 1.500 orang warga yang telah mendaftar untuk menjalankan ibadah haji dke tanah suci Makkah, Arab Saudi.
Kepala Kantor Kemenag Benteng, H Sipuan SAg MH, melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, H Kharnolis SSos mengungkapkan, daftar tunggu ditetapkan dengan mempertimbangkan jumlah peserta dan pembatasan kuota untuk Kabupaten Benteng setiap tahun. Yaitu, hanya 92 orang setiap kali pemberangkatan atau setiap tahun.
“Memperhatikan jumlah kuota yang bisa diberangkatkan setiap tahun, peserta yang baru mendaftar baru bisa diberangkatkan setelah 18 tahun kemudian,” kata Kharnolis.

Lebih lanjut, Kharnolis menjelaskan, proses pemberangkatan CJH mengalami kendala sejak tahun 2020. Tepatnya, sejak pandemi virus korona (Covid-19) menyebar ke seluruh penjuru dunia. Ditahun lalu, CJH batal diberangkatkan karena memang ada keputusan dari Pemerintah Arab Saudi.
“Ditahun ini juga belum ada kepastian apakah bisa berangkat atau tidak. Yang jelas, persiapan sudah siap. Seperti vaksin dan lainnya,” jelasnya.

Secara teknis, aku dia, pemberangkatan CJH harus memenuhi ketentuan dan prosedur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Dimulai dari pendaftaran, pelengkapan berkas dan pembayaran setoran awal bagi CJH.
“Sesuai ketentuan, pendaftaran awal sebesar Rp 25 juta. Untuk pelunasan, disesuaikan dengan Keputusan Presiden (Kepres) berdasarkan tahun berjalan. Ditahun 2020, biaya pemberangkatan ibadah haji (BPIH) ditetapkan sebesar Rp 32,7 juta,” terang Kharnolis.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*