Wahana Pesawat Akan Dipindahkan

Ary/BE
Wahana pesawat terbang yang ada di kawasan DMHB yang akan diperbaiki dan dipindahkan lokasinya untuk menarik wisatawan berkunjung ke Rejang Lebong.

CURUP, Bengkulu Ekspress- Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong akan memindahkan wahana pesawat yang ada di kawasan Danau Mas Harun Bastari. Dimana selama ini wahana pesawat berada di kawasan tebing akan dipindahkan ke kawasan parkir DMHB.

“Untuk wahana pesawat yang ada di DMHB lokasinya akan kita pindahkan dari lokasi sekarang ke area parkir,” sampai Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Drs Darmansyah MM. Menurut Darmansyah, dipindahkannya lokasi pesawat, karena lokasinya sekarang berada dekat dengan tebing dinding kawasan DMHB.

Sehingga menurutnya lokasi tersebut bisa membahayakan pengunjung. Dengan ditempatkan diarea parkir yang data maka keselamatan pengunjung bisa terjamin. “Kalau ditempat sekarang yang dekat ada diatas tebing, bisa membahayakan pengunjung, sehingga harus kita pindahkan,” paparnya.

Selain itu, Darmansyah juga mengungkapkan bahwa pesawat penumpang bekas buatan IPTN dengan jenis CASA C 212 tersebut saat ini dalam proses perbaikan. Karena memang ada beberapa bagian pesawat tersebut sudah rusak atau hilang, salah satu bagian pesawat yang hilang tersebut yaitu bagian baling-balingnya.

“Kita juga akan memperbaiki dan mengganti sejumlah bagian yang rusak maupun hilang, contohnya baling-baling pesawat yang sudah hilang,” tambahnya.



Untuk memindahkan dan memperbaiki pesawat yang sebelumnya terbengkalai tersebut. Darmansyah mengaku Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 400 juta.  Dengan diperbaiki dan dipindahkan lokasinya tersebut, Darmansyah berharap keberadaan pesawat tersebut bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kawasan DMHB. Karena menurutnya keberadaan pesawat tersebut bisa dijadikan sebagai sarana wisata edukasi bagi anak-anak Rejang Lebong dan pengunjung lainnya saat berwisata di DMHB.

“Keberadaan pesawat ini bisa kita jadikan sebagai sarana wisata edukasi khususnya bagi pelajar kita, sehingga mereka bisa melihat langsung pesawat,” paparnya.

Selain itu, untuk memberikan daya tarik bagi pengunjung, pihaknya juga akan menyediakan fasilitas pendukung lainnya dilokasi pemindahan pesawat nantinya. Sejumlah sarana pendukung yang akan disiapkan tersebut seperti tenda-tenda penjual kuliner. Karena dengan melihat pesawat wisatawan bisa memesana makanan maupun minuman. Dia berharap dengan adanya pemindahan pesawat ini, akan membuat jumlah pengunjung wisata DMHB akan meningkat, karena selain bisa menikmati keindahan danau, serta sejumlah fasilitas lainnya yang selama ini sudah ada dikawasan DMHB mulai dari naik perahu wisata untuk berkeliling danau, bermain outbond.(251)