Wah, Bunga Bangkai Tumbuh Di Halaman Rumah Warga

bunga kibutBENGKULU, bengkuluekspress.com – Bunga bangkai jenis Amorphophallus Paeonifolius atau dalam bahasa Jawa disebut Suweg ditemukan mekar di halaman rumah warga di wilayah Sawah Lebar Kota Bengkulu. Sumiati, sang empunya mengaku awalnya tak tahu jika tanaman tersebut merupakan salah satu jenis puspa langka. Sebab, selama lebih dari 14 tahun ia tinggal di rumah tersebut fenomena tumbuhnya puspa langka ini dihalaman rumahnya ini tak pernah terjadi.

Sumiati menuturkan, tanaman itu muncul dari bongkol tanaman yang terbuang saat penggalian saluran drainase di depan rumahnya. Awalnya, ia dan suaminya mengira itu hanyalah bongkol talas, namun lama kelamaan malah tumbuh dan berkembang menjadi bunga bangkai.

“Tidak tahu, kami pikir malah bongkol talas. Jadi kata Bapaknya biarkan aja. Jadi kami taruh bongkol itu disitu karena mengira itu talas. Eh tau-tau malah bunga Bangkai. Kami juga tidak tahu itu namanya bunga bangkai,” ujar Sumiati.

Sumiati mengatakan, bunga tersebut telah tumbuh sejak 2 minggu lalu, namun baru saja mekar dengan sempurna dalam 3 hari belakangan ini. Dan sejak puspa langka itu mekar di pekarangan rumahnya, menurut Sumiati banyak yang sengaja datang untuk berfoto atau sekedar melihat saja.

“Iya banyak yang datang dari kemarin-kemarin. Ada yang foto-foto. Tadi pagi anak sekolah ramai kesini,” ujarnya.

Sumiati pun menuturkan ia dan keluarganya tak pernah membatasi siapapun yang ingin melihat bunga tersebut. Bahkan bunga itu tumbuh di halaman rumahnya tanpa diberikan pagar pembatas sehingga siapapun dapat melihat dengan leluasa bahkan menyentuhnya dengan bebas, bahkan salah satu bagian kelopak bunga ini tampak sudah robek lantaran dimakan oleh kambing. (ibe)