Wagub Dilantik Presiden

Foto : Dedy Ermansyah

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Setelah menunggu cukup lama, akhirnya Presiden Joko Widodo akan melantikan Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu terpilih Dedy Ermansyah. Pelantikan di Istana Merdeka itu diagendakan pada pukul 11.00 WIB hari ini (24/9).

Pelaksana Harian (Plh) Sekdaprov Bengkulu, Drs Hamka Sabri MSi mengatakan, pelantikan itu dilakukan setelah dikeluarkannya surat keputusan (SK) pelantikan dari presiden. “Jadwalnya besok (hari ini,red), wagub kita akan dilantik presiden,” terang Hamka kepada BE, kemarin (24/9).

Dijelaskannya, dalam pelantikan itu, nantinya juga akan disaksikan langsung oleh Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah. Tidak hanya gubernur, para pejabat eselon II seperti Asisten I dan II Setdaprov Bengkulu juga menghadiri pelantikan wagub itu di Istana Merdeka. “Tidak banyak yang datang. Karena hanya menyaksikan pelantikan saja,” tambahnya.



Dengan dilantiknya wagub tersebut, Hamka menegaskan, menjadi kekuatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dalam menjalankan roda pemerintahaan. Sistem pelayanan pemerintah, kemasyarakatan dan program pembangunan di Bengkulu bisa berjalan sesuai target yang diharapkan masyarakat. “Semoga menambah kelengkapan secara organisasi itu, kinerja pemerintah bisa lebih cepat lagi,” tambah Hamka.

Setelah dilantik, lanjut Hamka, Wagub Bengkulu bisa langsung bekerja. Hak-hak wagub juga sudah dipersiapkan untuk diberikan. Bahkan khusus mobil dinas, yang sudah disiapkan adalah Mitsubishi Pajero Sport yang baru. “Mobnas sudah disiapkan semua,” kata tuturnya.

Termasuk untuk gaji, tunjangan makan minum, operasional rumah tangga hingga kebutuhan lainnya juga sudah disiapkan. Persiapan gaji dan tunjangan sudah dianggarkan sejak awal oleh pemprov di APBD tahun 2019. Hal itu dilakukan agar wagub yang baru mendapatkan semua hak-haknya. Sehingga pemprov menganggarkan lebih awal. “Sudah jauh-jauh hari kita anggarkan. Jadi tidak ada masalah, aman semua,” ungkap Hamka.

Untuk rumah dinas (rumdin), Wagub akan menghuni rumdin wagub yang berada di Km 6,5 Kota Bengkulu. Rumdin tersebut sudah dipersiapkan dengan kondisi sudah baik. Mengingat rumdin tersebut sebelumnya juga dihuni Rohidin Mersyah sebelum menjabat sebagai gubernur defintif. “Bisa langsung dihuni. Kita kembalikan dengan wagub, untuk segara menempati ataupun belum nantinya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, DPRD Provinsi Bengkulu telah menetapkan Dedy Ermansyah SE dari Partai Nasdem sebagai Wagub Bengkulu. Dedy Ermansyah terpilih secara telak mendapatkan 33 suara dibanding Muslihan DS dari Partai Hanura yang hanya 11 suara, dari hasil voting 44 anggota dewan dalam sidang paripurna pada tanggal 13 Agustus lalu. (151)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*