Wacanakan Tanam Padi dan Singkong di Kabupaten Seluma

PERTEMUAN: Pertemuan dengan Kemenhan saat berkunjung ke Seluma.

TAIS, bengkuluekspress.com – Guna mendukung ketahanan pangan di Provinsi Bengkulu, Kementerian Pertahanan melalui program Badan Cadangan Logistik Strategis (BCLS), melakukan survei kesiapan lahan di Kabupaten Seluma. Agar sejumlah lahan yang tidak tergarap bisa di jadikan kebun singkong dan membuka lahan baru untuk persawahan.

“Kita berharap agar banyak mendapatkan lahan tidur di Kabupaten Seluma atau lahan siap tanam, namun belum digarap guna mendukung program Badan Cadangan Logistik Strategis (BCLS),” tegas Kabid Kuathan di daerah Ditmat Ditjen Kuathan Kemhan Kolonel Laut (KH) Joni Agoesta saat melakukan pertemuan dengan Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH serta didampingi Dandim 0425 Seluma Letkol Czi Agus Martahan Limbong, ST, M.Tr. Han dan Plt Kepala Dinas Pertanian Arian Sosial M. Si. Kabid Kuathan di daerah Ditmat Ditjen Kuathan Kemhan Kolonel Laut (KH) Joni Agoesta.

Dijelaskan, support ini guna mewujudkan program ketahanan pangan di provinsi Bengkulu. Pasalnya, di Seluma masih banyak kawasan dan lahan yang belum tergarap. Sehingga kedepannya bisa membuka lahan yang belum terkelola dengan baik.

“Sekarang kita masih mendata luas lahan bekerjasama dengan dinas pertanian dan beberapa instansi lainnya,”
bebernya.

Kemenhan menargetkan lahan seluas 30 hektare di Provinsi Bengkulu untuk dipergunakan dalam program ketahanan pangan nasional. Kabupaten Kota hanya menyediakan lahan untuk lokasi tanam saja. Setelah lahannya tersedia, segala kebutuhan lainnya akan dibiayai melalui anggaran pemerintah pusat.

“Jika tercapai target nanti, kita rencanakan dirikan pabrik tapioka dan pabrik Mocaf untuk menampung hasil perkebunan lahan pangan,” jelasnya.

Program tersebut kata dia, kementerian Pertahanan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan nasional. Sehingga, diharapkan ada lahan yang bisa dimanfaatkan di Provinsi Bengkulu ini untuk program tersebut. Selain ke Kabupaten Seluma, rombongan dari Kemenhan juga ke Kabupaten Kaur dan Kabupaten Bengkulu Selatan. (jef)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*