Wacanakan Pakai Kartu Jamkesda

imagesMUKOMUKO,BE – Dinas Kesehatan mewacanakan bagi masyarakat tidak mampu yang akan dijamin pengobatannya melalui jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) akan dibuatkan kartu. Saat berobat ke puskesmas maupun RSUD, warga yang bersangkutan tidak lagi harus melalui mekanisme yang panjang seperti harus meminta surat  keterangan miskin dari kades/lurah, kecamatan hingga rekomendasi dari SKPD terkait.

Dengan kartu itu, peserta yang berobat hanya menunjukan atau memberikan kartu Jamkesda atas nama pemilik yang bersangkutan.” Jamkesda menggunakan kartu ini baru sebatas wacana. Dimana pihaknya akan meminta petunjuk lebih jauh dari bupati, ” ungkap Sekretaris Dinkes, Sabrin SSos.

Jika penggunaan kartu itu disetujui, pihaknya akan melakukan pendataan bekerjasama dengan pihak desa/kelurahan dan kecamatan setempat. Dengan tujuan sebelum kartu tersebut diterbitkan penerimanya tepat sasaran untuk warga yang benar-benar kurang mampu. ” Warga yang mendapatkan khusus bagi yang tidak mampu, bukan bagi orang yang mampu,” ujarnya.

Plot anggaran Jamkesda pada tahun ini lebih besar dari tahun sebelum-belumnya yakni mencapai angka diatas Rp 2 miliar. Hal ini merupakan program pemerintah daerah bersama DPRD supaya masyarakat yang tidak mampu dapat dijamin pengobatannya melalui program ini. (900)