Wacana New Normal, Pemda Diminta Gencarkan Sosialisasi

Jonaidi, SP, MM

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Langkah Pemerintah Daerah (Pemda) yang bakal melakukan persiapan menuju New Normal, seperti yang diwacanakan Pemerintah Pusat mendapat dukungan dari berbagai pihak. Tetapi, Pemda dinilai tetap perlu menggalakkan sosialisasi terkait New Normal di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda, sehingga nantinya masyarakat tidak sampai salah pengertian.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi, SP, MM, Kamis (28/5), mengatakan, gencarnya sosialisasi dinilai sangat perlu karena tidak menutup kemungkinan masih banyak masyarakat yang belum memahami ataupun mengerti makna dari New Normal tersebut.

“Jadi ada baiknya sebelum wacana itu direalisasikan, seiring dengan persiapan yang dilakukan Pemda, hendaknya juga diiringi sosialisasi pada masyarakat,” ujar Jonaidi.

Dilanjutkan politisi Gerindra itu, karena jika tanpa sosialisasi, nantinya masyarakat bisa saja beranggapan jika New Normal yang dimaksud merupakan bahwa daerah sudah benar-benar terbebas dari Covid-19.

“Sehingga merekapun akhirnya mengabaikan protokol kesehatan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19, yang tentunya dapat menyebabkan jumlah terpapar meledak,” katanya.

Ditambahkan anggota DPRD Provinsi Bengkulu dapil Seluma itu, sosialisasi ditengah-tengah masyarakat penting diutamakan, sehingga dalam aktifitas kesehariannya nanti tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

“Kita minta jangan disepelekan terkait sosialisasi ini. Mengingat New Normal itu nantinya masyarakat dengan Covid-19 secara tidak langsung berdampingan,” tegasnya

Sebelumnya Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah menyampaikan, sembari menunggu petunjuk resmi dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi bersama Kabupaten/Kota diminta melakukan persiapan menuju New Normal.

“Tetapi untuk menghadapi New Normal itu persiapan harus kita lakukan sebagai Pemerintah Daerah, hingga seluruh elemen masyarakat,” tukasnya. (HBN)