Wabup : Waspadai Penyebaran Napza

TUBEI,BE – Wakil Bupati Lebong Panca Wijaya meminta kepada kelompok masyarakat untuk mewaspadai penyebaran narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (Napza). Hal tersebut perlu dilakukan diantaranya dengan cara menyebarluaskan informasi bahaya penyebaran benda haram tersebut kepada para pemuda, remaja bahkan orang tua tentang bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang melalui media koran, spanduk maupun famplet yang disebarkan di tempat-tempat keramaian.
“Ya meskipun Kabupaten Lebong masih terbilang aman dari peredaran Narkoba, namun kita harus tetap waspada. Seperti halnya di Kabupaten Lain, penyebaran peredaran narkoba cenderung mengalami peningkatan, tentunya tidak menutup kemungkinan juga meningkat di Kabupaten Lebong sehingga dikhawatirkan generasi penerus bangsa terutama di Lebong ini dapat terjerumus di dalamnya,” jelas Panca Wijaya.
Dikatakan Wabup, dalam mencegah dan memerangi peredaran Napza dimasyarakat, harus melalui kelompok masyarakat. Karena di sanalah terdapat berbagai lapisan masyarakat yang dapat bersentuhan langsung dengan para pengguna napza.
“Tentunya kita berharap, selain ada petugas kepolisian yang melakukan pembasmian terhadap narkoba. Kita juga berharap kepada masyarakat juga untuk dapat menjadi alat kontrol untuk meredam peredaran napza di lingkungan masyarakat itu sendiri,” kata Panca.
Untuk itu, seperti dinas terkait dapat melakukan sosialisasi terhadap pencegahan penyebaran napza langsung ke masyarakat atau ke sekolah yang sangat rawan terjadinya penyebaran narkoba. “Untuk itu, saya berharap kepada seluruh kalangan masyarakat untuk selalu meningkatkan partisipasinya dalam membasmi peredaran napza, serta saling mengingatkan satu sama lannya tentang bahaya napza tersebut bagi generasi penerus di kabupaten Lebong yang kita cintai ini,” pungkas Wabup.(777)