Wabup Tinjau Pelayanan Publik 5 OPD

Ist/BE
Wabup Kepahiang, Netti Herawati SSos saat mengecek pelayanan publik di beberapa OPD.

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – Wakil Bupati (Wabup) Kepahiang, Netti Herawati SSos meninjau langsung kesiapan pelayanan publik di lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kunjungan tersebut untuk memastikan sejauh mana dan seperti apa proses pelayanan publik yang diberikan masing-masing OPD di jajarannya.

“OPD yang kita tinjau, diantaranya Dinas Perizinan, Dukcapil, RSUD dan Dinas Ketenaga Kerjaan. Dari peninajuan tersebut, baru pelayanan Dinas Perizinan yang paling bagus,” ungkap Netti.

Sambungnya, peninjauan tersebut untuk melihat sejauh mana kesiapan OPD pada saat kunjungan penilaian dari Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu mendatang. Diakuinya, hingga saat ini belum dapat dipastikan, kapan jadwal kunjungan dari Ombudsman tersebut. Yang jelas, kapan pun tim penilaian dari Ombudsman datang, seluruh OPD sebagai pelayanan publik di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang sudah siap.

“Belum tau kapan tim penilai dari Ombudsman itu datang. Yang jelas, dalam kunjungan kita ini OPD yang belum bagus pelayanannya agar bisa meningkatkan pelayananya terhadap masyarakat,” jelasnya. Menurut Wabup, yang menjadi bahan penilaian, yaitu ketersediaan ruang tunggu, loket untuk pengguna layanan, ketersediaan sarana khusus bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus, ketersedian pengaduan SMS, telepon, fax dan email.

Atribut seperti id card dan ketersediaan fasilitas layanan lain sebagainya.  “Banyak yang sarana dan prasarana yang menjadi bahan penilaian. Sebelum dilakukan penilaian, Ombudsman sudah memberikan kriteria yang menjadi bahan penilaian, dan OPD diberi waktu selama 1 minggu untuk mempersiapkannya,” tutup Netti. (320)