Wabup Sidak, 7 Kadis Tidak Masuk

KOTA BINTUHAN, BE – Hari pertama masuk kerja, ternyata masih PNS di lingkungan Pemkab Kaur yang tidak masuk kerja alis nambah libur. Seperti halnya sidak yang dilakukan oleh Wabup Kaur Hj Yulis Suti Sutri kemarin (23/8). Didampingi Asisten II Drs Agunawan MM dan Kepala Inspektorat Kaur Bahrun Budiman SH dan beberapa staf, Wabup banyak menemukan PNS yang tidak masuk termasuk kepala dinas.
Data terhimpun, dari sidak yang dilakukan Wabup diketahui bahwa jumlah PNS yang tidak masuk kemarin diperkirakan sebanyak 32 persen dari jumlah PNS yang ada. Karena pada hari pertama kerja sebagian kantor masih nampak lengang. Termasuk bagian-bagian staf di lingkungan Pemkab Kaur juga nampak masih banyak belum beraktifitas.
Tak hanya PNS terdapat juga beberapa kepala dinas yang ada di lingkungan Pemkab Kaur yang tidak masuk pada hari pertama. yakni Kepala Dinas Susdukcapil Drs Sarjoni Hanafi, Kadis Kesehatan Dr Marlena, Kadis Nakertrans Drs Edi Suardi B, Kadis Kehutper ESDM M Ali Paman SH, Kepala BNK Kaur Drs Supawan Said, Kepala BP4K Drs Thabri, dan Kasat Pol PP Darmawansyah. Namun apakah mereka ada izin atau tidak sesuai sidak wabup kemarin sama sekali tidak ada keterangan.
Menanggapi persoalan tersebut, Wabup Kaur menjelaskan, pihaknya tetap akan memberikan sanksi tegas jika ada PNS yang menambah libur, karena sesuai aturan kemarin semua PNS sudah mulai masuk kerja. Kecuali mereka yang sudah ada izin hal itu bisa dimaklumi. “Kita akan melakukan pendataan, jika memang benar tidak masuk tanpa adanya pemberitahuan maka kita akan sanksi,” jelasnya.
Menurutnya, PNS paling banyak tidak masuk pada hari pertama kerja adalah PNS di Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP-KB). Dari 29 PNS yang hadir hanya sekitar 17 orang atau sekitar 30 persen saja. Sementara diurutan kedua yang paling banyak tidak hadir adalah PNS di Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Taman Kota (BLHK-TK) yang hadir hanya 42 persen. Sedangkan kantor yang paling banyak PNSnya hadir pada hari pertama kemarin adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaur. Dengan tingkat kehadiran masing-masing 88 persen dan 85 persen. Sedangkan Dinas Kesehatan 40 persen, BKD hanya 30 persen serta PU 32 persen.”Jika dihitung semua rata-rata PNS yang tidak masuk mencapai 30 persen, hal ini bisa dimaklumi namun besok (hari ini,red) masih juga tidak masuk jelas itu disengaja tidak ingin masuk, sehingga sanksi administrasi akan segera dilakukan,” jelasnya.(823)