Wabup Resmikan Gedung IKM

Wabup potong pita bertanda gedung promosi sentra IKM diresmikan, kemarin.

ARMA JAYA, Bengkulu Ekspress – Sejak didirikan tahun 2018 lalu, gedung pusat promosi sentra Industri Kecil Menengah (IKM) diresmikan.

Gedung yang dibangun dengan menggunakan anggaran dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan tersebut diresmikan oleh Wakil Bupati BU Arie Septia Adinata, SE MAP didampingi Plt Kepala Dinas Perdagangan, Suharlan dan Wakil Ketua II DPRD BU, Herliyanto SIP di Kelurahan Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, selasa (10/3).

Dalam sambutannya, Plt Kepala Dinas Perdagangan BU, Suharlan mengatakan bahwa dengan telah diresmikannya gedung sentra promosi IKM BU ini diharapkan bisa bersinergi bersama pelaku usaha industri kecil menengah, demi kemandirian usaha, peningkatan kesejahteraan ekonomi dan terciptanya produk-produk uggulan yang berdaya saing.

“Ya dengan adanya gedung sentra promosi IKM ini diharapkan untuk mempermudahkan pembinaan, pengembangan, pemusatan pelatihan serta efisiensi untuk menghasilkan produk-produk dari IKM yang ada di Kabupaten BU,” kata Suharlan.

Menurutnya, sampai saat ini kerajinan tangan yang sudah memproduksi baru ada sekitar 8 kecamatan dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten BU yang terdiri dari berbagai macam kerajinan, seperti keripik pisang, keripik tempe, kopi dan ada juga kerajinan batik kagano, kerajinan sepatu serta kerajinan dari bahan bambu dan masih banyak lainnya.”Untuk saat ini baru 8 kecamatan yang telah memproduksi produk-produknya dalam bentuk kemasan, diharapkan dengan adanya sentra promosi ini harapan kita akan lebih banyak lagi kerajinan tangan rumahan ini tentu menambah penghasilan dan mendongkrak perekonomian mereka nantinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati BU Arie Septia Adinata SE MAP menyampaikan, bahwa dirinya atas nama Pemkab BU berharap gedung promosi sentra IKM di BU ini dapat terus berkembang ke depannya.

Sebab, pembangunan gedung ini untuk memajukan pembangunan daerah di Kabupaten BU, terkhusus untuk pengembangan promosi produk IKM BU.

“Ya kita harapkan dengan adanya gedung promosi sentra IKM BU ini kedepannya akan menjadi sentra produk-produk IKM BU. Dimana gedung promosi sentra IKM ini merupakan salah satu yang ada di Provinsi Bengkulu. Diharapkan kedepannya gedung ini mampu untuk memajukan pembangunan daerah di Kabupaten BU terkhusus untuk pengembangan promosi produk IKM BU,” kata Wabup Arie.

Wabup Arie juga menuturkan hal ini merupakan salah satu bentuk upaya Pemkab BU dalam menjemput bola untuk meningkatkan para pelaku-pelaku usaha IKM yang ada di Kabupaten BU agar mempunyai daya saing agar produk IKM dapat mengisi peluang di pasar dan mampu bersaing di era globalisasi.

Dan gedung promosi sentra IKM ini dapat memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi, serta meningkatkan kreativitas, inovasi para pelaku usaha IKM Kabupaten BU.”Ini juga merupakan salah satu upaya Pemkab BU dalam meningkatkan perekonomian bagi para pelaku usaha kecil menengah yang ada di Kabupaten BU,” tandasnya.(127)