Wabup Rejang Lebong: Kita Hargai Orang Berprestasi

ARY/Bengkulu Ekspress Wakil Bupati Rejang Lebong saat menyerahkan reward kepada siswa peraih nilai UN tertinggi di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2017 ini.
ARY/Bengkulu Ekspress Wakil Bupati Rejang Lebong saat menyerahkan reward kepada siswa peraih nilai UN tertinggi di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2017 ini.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan menghargai siapun yang berprestasi di Kabupaten Rejang Lebong. Salah satunya dengan pemberian penghargaan seperti kepada peraih nilai tertinggi dalam ujian nasional beberapa waktu lalu.

“Setiap orang yang berilmu pasti akan kita hargai, sekecil apapun prestasi pasti kita hargai” ungkap Wabup usai menyerahkan bantuan kepada 12 pelajar dari Kabupaten Rejang Lebong yang meraih nilai tertinggi UN di halaman Kantor Bupati Rejang Lebong Rabu (5/7) kemarin.

Selain itu, menurut Wabup pemberian penghargaan kepada siswa yang berprestasi seperti yang dilakukan kemarin merupakan wujud komitmen dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong untuk menjadikan Rejang Lebong sebagai Kota Pendidikan.

Dengan adanya penghargaan tersebut, Wabup berharap bisa menjadi ransangan bagi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Rejang Lebong untuk meraih prestasi. Namun menurut Wabup, yang terpenting dalam meraih prestasi tersebut tidak boleh melakukan aksi curang.

Karena menurut Iqbal Bastari, penghargaan serupa akan terus diberikan kepada siswa-siswa yang beprestasi di Kabupaten Rejang Lebong setiap tahunnya, bahkan menurutnya bila memungkinkan jumlah uang yang diberikan tersebut semakin besar.

“Dengan adanya bantuan yang diberikan tersebut saya berharap bisa merangsang sekolah-sekolah di Rejang Lebong ini untuk berprestasi,” harap Iqbal.

Selain itu, ia juga berharap agar bantuan yang diberikan kemarin bisa digunakan oleh para penerimannya untuk membeli kebutuhannya dalam melanjutkan pendidikan dijenjang selanjutnya.
Penghargaan yang diberikan kemarin untuk lulusan terbaik tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTS) serta lulusan terbaik dari SD dan SMP di Kabupaten Rejang Lebong. Penghargaan yang diberikan berupa uang pembinaan dengan besaran untuk MI sebesar Rp 10 juta untuk peringkat pertama, kemudian Rp 8 juta untuk peringkat kedua dan Rp 6 juta untuk peringkat ketiga. Sedangkan untuk tingkat MTs pringkat pertama sebesar Rp 15 juta, kemudian peringkat kedua sebesar Rp 12 juta dan Rp 10 juta untuk peringkat ketiga.

Sedangkan untuk tingkat SD peringkat pertama mendapatkan Rp 8 juta, peringkat kedua Rp 6 juta dan peringkat ketiga Rp 4 juta. Kemudian untuk tingkat SMP peringkat pertama Rp 10 juta, peringkat kedua Rp 8 juta dan peringkat ketiga Rp 8 juta.

Terkait dengan perbedaan nilai penghargaan yang diberikan tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Noprianto menjelaskan, karena untuk lokasinya penganggarannya sendiri berbeda antara sekolah yang dibawah naungan Kementerian Agama dan Sekolah yang ada di bawah naungan Kementerian Pendidian.

Dimana menurutnya untuk sekolah yang ada di bawah naungan kementerian agama penghargaan dianggarkan oleh Bagian Kesra Sekretariat Kabupaten Rejang Lebong sedangkan untuk di bawah Kementerian Pendidikan dianggarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong.

“Kedepannya kita akan mencoba membahasnya bersama-sama, sehingga nilai penghargaan kita ini sama setiap jenjangnya,” singkat Noprianto. (251)