Wabup Nilai Musrembang Tak Efektif

Pelaksanaan musrembang di Kecamatan Seberang Musi Kepahiang kemarinKEPAHIANG, BE – Wakil Bupati Kepahiang, Bambang Sugianto SH MH menilai pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) di tingkat kecamatan di Kepahiang saat ini tidak efektif. Persoalanya, karena Musrembang diklaim tidak menyerap aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada Bappeda saat kegiatan berlangsung.

“Sering kali walau sudah dilakukan musrembang seperti saat ini, perencanaan selalu saja tidak tepat.
Kebanyakan usul masyarakat tidak dijalankan secara propesional,” kata Bambang.

Dikatakannya, Musrembang sendiri harusnya melibatkan dewan. Karena hal itu dirasa perlu, mengingat pelaksanaan proyek pembangunan yang nantinya dilaksanakan oleh pemerintah daerah, mengacu pada aspirasi masyarakat yang juga diusulkan lewat DPRD melalui pelaksanaan reses.

“Seperti halnya pihak dewan dan SKPD di Kepahiang harus diikutkan sehingga pelaksanaan musrembang ini nantinya realisasinya benar-benar dilakukan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kepahiang RA Denni SH MM melalui Sekretaris Bappeda M Salihin MSi menyampaikan dalam pelaksanaan Musrembang ini pihaknya sudah mengundang pihak dewan. Namun karena adanya kesibukan pembahasan maka tidak ada perwakilan anggota dewan yang hadir.

“Sebenarnya kita sudah undang masing-masing anggota dewan, namun tidak ada yang hadir,” katanya. Menurutnya pelaksanaan musrembang ditingkat Kecamatan di Kepahiang saat ini sudah dilakukan. Dimana pada pada pelaksanaan musrembang sudah dilakukan di dua kecamatan, yakni di Kecamatan Tebat Karai dan Kecamatan Seberang Musi.
“Dalam Musrembang ini kita sudah libatkan segenap elemen baik itu SKPD dan kalangan masyarakat lainnya,” tandasnya. (505)