Wabup Kepahiang Keliling Cek Pelayanan Publik

Wabup Kepahiang, Zurdi Nata saat membuka public hearing Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil beberapa waktu lalu.

KEPAHIANG,bengkuluekspress.com – Pelayanan publik semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kepahiang berjalan secara optimal. Semua sektor pelayanan publik disetiap OPD selalu dipantau oleh pimpinan daerah supaya jajarannya bisa memberikan pelayanan publik secara optimal kepada masyarakat Kabupaten Kepahiang.
Untuk memastikan pelayanan publik berjalan dengan baik, Wakil Bupati Kepahiang, H Zurdi Nata SIP secara rutin melakukan inspeksi mendadak (Sidak). Bahkan hampir dalam satu minggu bisa dua kali sidak dilaksanakan semua untuk memastikan pelayanan publik berjalan dengan baik. Karena nantinya penilaian akan dilakukan langsung oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI dan Ombudsman RI Bengkulu.

Asisten III Setkab Kepahiang, Hairah Aryani SSos MMPd mengatakan, sejumlah OPD sudah dikunjungi langusng oleh Wabup Kepahiang. Selain melihat kedisplinan ASN Kepahiang, juga akan dilihat pelayanan publik yang diberikan OPD Kepahiang kepada masyarakat Kabupaten Kepahiang.
“Dalam hal pelayanan publik bukan hanya pelayanan saja yang dilihat. Tapi sarana dan prasarana untuk mendukung pelayanan publik bisa optimal,” kata Hairah.

Sesuai dengan UU nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik terdapat 10 standar pelayanan publik yang harus dipersiapkan seluruh OPD Kepahiang. Diantaranya, standar pelayanan, maklumat pelayanan, sistem informasi pelayanan publik, sarana dan prasarana fasilitas, pelayanan khusus, pengelolaan pengaduan, penilaian kinerja, visi dan musi serta motto dan kelengkapan. Tahun 2019 lalu dalam hal pelayanan publik Kabupaten Kepahiang mendapatkan penilaian hijau dalam artian masuk kategori terbaik. Tahun 2020, dengan adanya Covid 19 sehingga penilaian tidak dilakukan dan tahun 2021 penilaian hijau yang didapatkan sebelumnya wajib untuk dipertahankan. Dengan pengalaman ditahun lalu tentunya pemerintah dapat melengkapi terkiat fasilitas pelayanan, kemudian pelayanan secara langsung dilakukan ASN Kepahiang juga harus berjalan dengan baik dan optimal. (320)