Wabup Kaur: Program KB Tentukan Kualitas Keluarga

FOTO BERSAMA: Wabup bersama unsur terkait saat foto bersama usai pembukaan kegiatan pelayanan KB bergerak di Kecamatan Muara Sahung, Kamis (10/9)

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Wakil Bupati (Wabup) Hj Yulia Suti Sutri bersama dengan perwakilan Dandim 0408/BS Camat Muara Sahung dan pihak terkait secara resmi juga membuka TNi Manunggal dan PKK KB Kesehatan di Kecamatan Muara Sahung, Kamis (10/9). Dimana kegiatan ini juga salah satu langkah untuk mengurangi warga yang mengalami pemutusan program KB selama pandemi virus corona atau Covid-19 ini, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan PKK Kabupaten Kaur membuka layanan KB keliling.

“Kegiatan layanan KB keliling yang digelar BKKBN ini diharapkan mampu menekan angka kehamilan serta mencegah terjadinya lonjakan kelahiran di Kabupaten Kaur,” kata Wabup.

Kepala BKKBN Provinsi Bengkulu Ir.Rusman Efendi MH saat dalam sambutannya juga menyampaikan, dimana kegiatan KB ini ia memberikan pelayanan dengan menerima sejumlah warga yang berniat Implant KB, suntik dan pil KB. Rusman menuturkan Pelayanan KB Keliling ini sebagai upaya mendekatkan pelayanan KB kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19, dimana banyak Pasangan Usia Subur (PUS) ingin ber-KB namun ragu dan takut ke fasilitas kesehatan untuk memasang alat KB akibat wabah Covid-19.

“Kita bekerjasama dengan Pemkab Kaur harapan kita tak ada lagi warga Kaur yang tak dilayani fasilitas KB,” harapnya.

Ditambahkannya, kegiatan pelayanan KB akan rutin dilaksanakan tidak hanya di Kaur, tetapi juga akan dilakukan ke seluruh kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu. Langkah inovatif ini diambil sebagai upaya jemput bola dalam mencegah terjadinya putus pakai KB selama masa Pandemi Covid 19. Juga Rusman menegaskan, BKKBN bersama mitra kerja Bidan dan Dokter di dukung Petugas Keluarga Berencana (PKB) sebagai motivator dan penggerak masyarakat di lapangan akan tetap memberikan pelayanan KB selama masa pandemi Covid-19.

“Melalui kegiatan ini, saya minta masyarakat tidak perlu khawatir dan ragu datang ke fasiltas kesehatan memasang alat KB, dan disini kita siap melayani warga secara gratis,”tandasnya. (irul)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*