Wabup Ingatkan Disiplin PNS

KEPAHIANG, BE – Wabup Kepahiang Bambang Sugianto SH MH merespon adanya PNS malas masuk kerja dan kerap menambah libur resmi seperti usai perayaan Idul Adha beberapa waktu lalu. Menurutnya kedisplinan PNS itu tergantung atasan instansi masing-masing.

“Kalau atasanya saja tidak disiplin gimana PNS di bawahnya mau disiplin. Masih adanya PNS yang bolos kerja, secara tidak langsung menunjukkan pemahaman PNSĀ  akan Peraturan Pemerintah (PP) No 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS masih terbilang rendah,” ujar Wabup.

Atasan masing-masing PNS, kata dia, juga perlu dibenahi. Bagaimanapun juga secara tidak langsung pimpinan itu merupakan cerminan dari bawahannya. “Kedisiplinan bawahan tersebut bisa lebih dari pimpinannya,” terangnya.

Dikatakannya, persolan disiplin PNS ini memang sangat mudah diucapkan. Sayangnya pelaksanaannya untuk mewujudkan kedisiplinan itu sangat sulit diterapkan. Apalagi disiplin PNS itu timbul bukan dari kesadaran, melainkan lebih pada paksaan.

“Kalau memang dari kesadaran pasti hal seperti ini seminimal mungkin tidak akan terjadi. Maka dari itu sangatlah penting penanaman kesadaran dan pemahanan seperti halnya terhadap PP No 53 tahun 2010 tadi,” ujar Bambang.

Lebih jauh dikatakannya, dengan masih adanya PNS yang kerap tidak masuk kerja ini artinya sama saja tidak menjalani kewajiban sebagaimana mestinya. Dengan begitu bagaimana seorang PNS itu dapat memotori pembangunan terutama dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.(505)