Virus Jembrana Masih Menyerang Sapi di Mukomuko

ilusterasi

MUKOMUKO,bengkuluekspress.com – Jajaran Satpol PP dan Damkar Kabupaten Mukomuko terus melakukan sosialisasi aturan terkait hewan ternak. Diantaranya mendatangi sejumlah pemilik hewan ternak. Tujuannya supaya hewan ternak jenis sapi dan kerbau dipelihara dengan baik, seperti dikandangkan atau tidak dilepasliarkan di dekat pemukiman penduduk maupun fasilitas umum lainnya. Disisi lain jajaran Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan mengingatkan, agar hewan ternak tidak dilepasliarkan. Karena lebih rentan terserang virus yang mematikan, yaitu jembrana yang hingga saat ini masih terjadi.
“Kami ingatkan hewan ternak jangan dilepasliarkan, karena sangat rentan tertular dengan virus jembrana,” sampai Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan Kabupaten Mukomuko, Warsiman.

Selain itu, untuk menghindari hewa ternak khususnya sapi bali tidak terserang virus tersebut, kata Warsiman, pemilik ternak tetap menjaga kesehatan kandang dan jika dicurigai hewan peliharaan itu terkena virus segera mungkin melaporkan ke petugas terdekat. “Kandang hewan ternak harus rutin dibersihkan,” katanya.

Sedangkan upaya pencegahan agar tidak meluasnya virus Jembrana terus dilakukan jajarannya bersama petugas yang berada di Puskeswan. Diantaranya menyampaikan sosialisasi kepada pemilik ternak hingga melakukan penyuntikan vaksin pencegahan kepada hewan ternak yang bersangkutan khususnya sapi bali.
“Penyuntikan vaksin masih berjalan. Sebanyak 2 ribu sapi akan di vaksin,” ungkapnya. Sebagaimana diketahui sejak awal Januari hingga pertengahan Maret 2021, ratusan sapi terserang, sekitar seratus sapi dinyatakan mati. Virus tersebut sangat cepat tertular ke hewan ternak lainnya. Termasuk hewan ternak yang dilepas liarkan pemiliknya lebih berpotensi cepat terserang virus yang mematikan tersebut. (end)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*