Virus Jembrana Hantui Peternak Sapi di Seluma

Hewan Ternak dilepas liarkan, lebih berpeluang terkena penyakit Jembrana.

TAIS, bengkuluekspress.com – Di Kabupaten Seluma, peternak sapi dihantui akan adanya virus Jembrana. Setelah baru-baru ini ditemukan dua ekor sapi warga mati yang positif Jembrana di dua Kecamatan Air Periukan dan Seluma Timur yang diperkuat dengan hasil labfor.

“Untuk yang sudah positif mati karena jembrana, berdasarkan hasil laboratorium ada dua ekor sapi,” sampai Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial SP MSi kepada wartawan BE.

Selain dua ekor sapi yang positif Jembrana tersebut, menurut Arian Sosial saat ini sebanyak sebelas ekor sapi juga mati suspek Jembrana. Itu terdapat di Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Seluma Barat, Kecamatan Air Periukan, Kecamatan Seluma Timur dan Lubuk Sandi.

“Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, memang ada 11 ekor sapi yang mati dan diduga suspek Jembrana,” lanjutnya.

Guna untuk mengantisipasi penyebaran Jembrana di wilayah Kabupaten Seluma, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma telah meminta kepada seluruh petugas paramedis, agar dapat memberikan informasi kepada peternak untuk dapat berhati-hati terhadap virus Jembrana.

“Kita meminta untuk memisahkan sapi yang memiliki gejala sakit, kemudian langsung memberikan obat jika ada ternak sapi yang memiliki gejala. Termasuk memberikan pengertian kepada para peternak,” terusnya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*