View Tower Segera Direhab

view-tower
=DOK/Bengkulu Ekspress
Bangunan View Tower yang berdiri di lapangan depan Balai Daerah Provinsi Bengkulu ini sudah banyak yang rusak sehingga akan dilakukan perbaikan.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kondisi bangunan View Tower yang ada di depan Gedung Daerah Provinsi Bengkulu sudah semakin memperhatinkan. Bahkan, dinding-dindingnya sudah mulai lepas dan nyaris berterbangan. Belum lagi kondisi bagian yang sudah rapuh.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu berencana akan melakukan perbaikan sementara View Tower tersebut.  Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu, Oktaviano ST MSi mengatakan, jika tidak cepat dilakukan perbaikan, maka dinding-dinding tower akan berterbangan dan mengancam keselamatan orang yang berada di bawahnya.

“Kita perbaiki dulu sementara agar dinding tower itu tidak lagi berjatuhan,” ujar Oktaviano kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (30/7).

Perbaikan View Tower itu akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Anggaran perbaikan diambil dari anggaran Rp 500 juta untuk perbaikan lapangan di sekitar View Tower.  Saat ini, menutur Okta, lelang pekerjaan itu sudah dilakukan. Tinggal lagi menunggu proses pengerjaan.  “Proses lelang selesai, langsung dikerjakan,” tambahnya.



Menurut Okta, perbaikan sementara itu penting untuk dilakukan. Sebab, kawasan tersebut nantinya akan digunakan untuk kegiatan Festival Tabut tahun 2018 ini.  “Sebentar lagi ada Festival Tabut, kalau tidak diperbaiki bisa membayakan pengunjung,” tutur Okta.  Untuk rehab total, menurut Okta, hal ini masih dikaji oleh pemprov.

Saat ini pemprov sudah menggandeng pihak perguruan tinggi atau akademisi untuk mengkaji fungsi atau keberlangsungan View Tower tersebut. Kajian itu nanti akan menentukan dua pilihan, yaitu dengan melakukan perbaikan total atau harus dirobohkan. “Nanti akan dikaji mau dirobohkan atau rehab total,” tegas Okta.

Tidak hanya View Tower yang akan diperbaiki, gedung Balai Buntar juga akan dilakukan perbaikan. Tahun ini, rehab gadung Balai Buntar sudah dianggarkan sebesar Rp 9 miliar.  Okta mengaku, saat ini sudah ada pemenangan lelangnya.  “Lelangnya sudah selsai dan sudah diteken kontrak. Tinggal dikerjakan,” ujarnya.  Okta mengatakan, perbaikan gedung Balai Buntar itu dilakukan baik di dalam maupun di luar gedung. Semua diperbaiki sehingga gedung yang sudah lama tidak difungsikan itu bisa digunakan kembali. (151)