Vietnam Bermain Imbang 1-1 versus Myanmar

Myanmar mampu menahan gempuran Vietnam pada  pertandingan pertama di grup A AFF Suzuki Cup 2012. Myanmar mampu menahan imbang  saat menghadapi  Vietnam dengan skor 1-1.

Vietnam awalnya berhasil unggul terlebih dahulu di babak pertama melalui gol yang dicetak oleh Tan Tai. Namun, Myanmar berhasil bangkit di babak kedua dan berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Ky Lin via titik putih.

Bermain di lapangan yang basah, tidak membuat kedua tim kehilangan agresivitas dalam melakukan serangan ke pertahanan lawan.

Vietnam tampak sedikit lebih menguasai permainan namun Myanmar juga tampil penuh determinasi. Peluang pertama didapat Vietnam ketika tendangan voli Nguyen Thanh Hung hampir saja mengubah kedudukan di menit ke-enam, sayang arahnya masih melebar dari gawang Myanmar. Satu menit kemudian, kiper Vietnam Hong Son dipaksa bekerja keras untuk menyelamatkan gawang dari tembakan Lin Oo.

Setelah laga sengit selama setengah jam berjalan imbang tanpa gol, Vietnam akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit ke-33. Berawal dari tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Myanmar, Tan Tai berhasil menyambut umpan Thanh Luong Pham melalui tandukannya yang mengarah ke tiang jauh, sehingga kedudukan berubah menjadi 1-0.

Setelah tertinggal satu gol, Myanmar berusaha meningkatkan intensitas serangan mereka. Namun, kokohnya lini pertahanan Vietnam masih belum dapat ditembus hingga kedudukan 1-0 tetap bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Myanmar berusaha bangkit dari ketertinggalan di paruh kedua ini, dan baru tujuh menit berjalan, kerja keras mereka terbayar setelah Ky Lin dilanggar oleh Minh Duc di kotak penalti. Ky Lin yang mengeksekusi sendiri penalti tersebut berhasil mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Terkejut dengan gol cepat Myanmar, Vietnam berusaha memperoleh kembali keunggulan dengan meningkatkan tempo permainan. Namun, mereka juga kerap was-was dengan pergerakan Ky Lin yang selalu merepotkan.

Pada menit ke-69, pendukung Vietnam hampir bersorak ketika Quoc Anh mampu melepaskan tembakan yang tidak dapat diantisipasi kiper, namun sayang bola masih membentur mistar. Satu menit kemudian, giliran Ky Lin yang menebar ancaman, ia berhasil lolos dari penjagaan bek Vietnam, beruntung kiper Son berhasil membuang bola setelah keluar dari sarangnya.

Ky Lin kemudian kembali menunjukkan kualitasnya. Ia menggiring bola dari tengah lapangan hingga ke kotak penalti Vietnam, sayang ia memaksakan untuk menyelesaikan peluang tersebut daripada mengoper ke rekannya yang lebih bebas, sehingga bek Vietnam mampu mengantisipasinya.

Menjelang pertandingan berakhir, Vietnam dan Myanmar sama-sama menunjukkan keinginan untuk meraih kemenangan. Namun, hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir, kedudukan 1-1 tetap bertahan.(**)

Susunan Pemain

Vietnam: Son, Minh Duc, Van Phong, Gia Tu, Van Hoan, Thanh Hung, Quoc Anh, Trong Hoang, Thanh Luong, Tan Tai, Cong Vinh

Myanmar: Si Thu, Min Tun, Aung Kyaw, Maung Lwin, Phyo Aung, Ko Ko, Lon Oo, Hein Kyaw, Htan, Kyi Lin, Yan Paing