Vettel Raih pole Position

Sebastian Vettel pembalap asal Red Bull-Renault meraih pole position setelah mencatat waktu terbaik di sesi kualifikasi GP Eropa. Bersama Vettel di posisi terdepan adalah Lewis Hamilton dan Pastor Maldonado. Pada sesi yang berlangsung di sirkuit Valencia, Sabtu (23/6) malam, Vettel punya waktu terbaik di sesi Q3 yakni 1 menit 38,475. Mengambil alih waktu terbaik yang sempat dimiliki Maldonado.

Bagi Vettel ini adalah pole ketiga musim ini atau yang kedua beruntun setelah dua pekan lalu di GP Kanada. Pole lainnya direbut juara dunia dua kali itu di GP Bahrain. Maldonado pun akhirnya harus puas start di posisi ketiga setelah Hamilton juga melewati raihan waktunya. Hamilton punya 1 menit 38,410 detik dan unggul 0,065 detik dari Maldonado.  Melengkapi urutan lima besar adalah duo Lotus Renault yakni Romain Grosjean (posisi ke-4) dan Kimi Raikkonen (posisi kelima).

Nasib buruk harus dialami Ferrari yang dua pebalapnya, Fernando Alonso serta Felipe Massa, harus out di Q2. Alonso akan mengawali balapan di urutan ke-11 sementara Massa di urutan ke-13.  Namun, nasib Alonso dan Massa masih lebih baik dari Mark Webber yang akan memulai dari urutan ke-19.(net)