Vettel Juara GP Korea

Sebastian Vettel tampil sebagai juara pada balapan GP Korea di Sirkuit Yeongam, Minggu (14/10/2012). Sepanjang balapan, ia harus berduel dengan rekan satu timnya sendiri, Mark Webber.

Perjalanan Vettel dalam balapan kali ini diawali dengan dirinya mencuri posisi pertama dari tangan Webber. Padahal Webber-lah yang menempati pole position pada balapan ini. Sedangkan dirinya start dari urutan kedua.

Praktis, sepanjang balapan, kedua pebalap Red Bull selalu berada di urutan depan. Vettel memang sempat mengalami masalah pada bannya. Namun, begitu mengganti bannya ia tampak nyaman memimpin balapan.

Bahkan jaraknya dengan Webber sempat melebar menjadi 6,8 detik, lalu kemudian melebar lagi menjadi sembilan detik. Vettel akhirnya tampil sebagai juara. Sebagai catatan, ini adalah kemenangan ketiganya dalam tiga balapan terakhir. Sebelumnya, ia juga menjadi juara di Singapura dan Jepang.

Catatan lainnya, ini adalah kemenangan keempat Vettel musim ini. Sebelum di Singapura, ia hanya pernah menang di Bahrain.

Fernando Alonso finis di urutan ketiga untuk melengkapi podium. Sedangkan Felipe Massa dan Kimi Raikkonen finis di urutan empat dan lima.

Nasib sial dialami oleh Lewis Hamilton yang beberapa kali mengalami masalah pada mobilnya, baik padahandling maupun ban. Ia sempat harus mempertahankan posisinya dan berduel dengan Nico Hulkenberg dan Romain Grosjean.

Hamilton akhirnya finis di urutan ke-10. Sementara rekan setimnya, Jenson Button, tidak finis.

Dengan hasil ini, Vettel memimpin klasemen pebalap sementara dengan nilai 215. Alonso berada di posisi dua dengan nilai 209, diikuti Raikkonen (167), Hamilton (153), Webber (152), dan Button (131).

F1 masih menyisakan empat balapan lagi, yakni di India, Uni Emirat Arab, AS, dan Brasil.(**)