Verval DTKS di Rejang Lebong Sisakan Dua Kecamatan

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Efensi SE MM

CURUP, bengkuluekspress.com– Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong terus melakukan verifikasi dan validasi (Verval) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dari 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong, saat ini Verval DTKS masih menyisakan dua kecamatan lagi.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Efensi SE MM mengungkapkan, kegiatan Verval DTKS tersebut mereka laksanakan bersamaan dengan kegiatan bimbingan teknis petugas yang akan melaksanakan Verval disetiap desa dan kelurahan di 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong.
“Dua kecamatan yang belum kita laksanakan, yaitu Kecamatan Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya,” terang Zulfan.

Menurut Zulfan, Verval DTKS didua kecamatan tersebut belum mereka laksanakan karena kegiatan Bimtek di dua kecamatan tersebut belum mereka laksanakan. Mengingat pelaksanaan Verval sendiri bersamaan dengan Bimtek.
Kegiatan Bimtek petugas Verval DTKS sendiri, Dilaksanakan dengan menggunakan anggaran dari masing-masing kecamatan, karena Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong tidak memiliki anggaran untuk kegiatan tersebut. “Dengan selesainya Verval DTKS, maka datanya bisa langsung mereka unggah ke Kementerian Sosial. Semakin cepat DTKS terverifikasi, maka akan semakin tepat sasaran bantuan yang diberikan pemerintah pusat,” ujarnya.

Terkait dengan DTKS sendiri, menurut Zulfan, merupakan data tahun 2011 dengan jumlahnya mencapai 17 ribu keluarga manfaat yang tersebar di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Mereka yang di Verval tersebut adalah masyarakat Rejang Lebong yang selama ini menerima bantuan dari Program Keluarga Harapan dan program sembako.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*