Vertual Parpol Berakhir

Parpol
Parpol

KPU Sampaikan Hasil Hari Ini

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Verifikasi faktual partai politik yang dilakukan oleh tim KPUD Kota Bengkulu menyatakan memang sudah bisa di ketahui beberapa partai yang sudah di nyatakan lolos verifikasi faktual. Namun demikian, pihaknya menegaskan jika pengumuman resminya akan dilaksanakan pada 2 Februari 2018 hari ini. Hal tersebut disampaikan Komisioner KPU Kota Bengkulu Divisi Hukum dan Pengawasan, Deby Harianto SSos di ruang kerjanya kemarin.

“Terakhir verifikasi faktual kita ke Partai Demokrat, PKPI, PKB dan PPP. Namun untuk hasilnya hari ini baru kita plenokan, kemungkinan besok habis Jum’at kita sampaikan hasil verifikasi faktual ke LO masing-masing partai,” kata Deby.

Dijelaskannya, pelaksanaan verifikasi faktual parpol ini dilakukan selama tiga hari, dimana pada tanggal 30 Januari khusus Partai PKS, Golkar, PAN, PDIP, Hanura, Gerindra, Nasdem dan PBB. Kemudian, pada tanggal 31 Januari dilakukan verifikasi terhadap empat parpol lainnya seperti PPP, PKB, PKPI dan Demokrat. Sedangkan pada tanggal 1 Februari akan dilakukan pleno tingkat KPU kota untuk memutuskan hasil verifikasi secara keseluruhan terhadap 12 Parpol.

“Dalam verifikasi ini, KPU mendatangi langsung kantor Parpol dan mengecek langsung kepengurusan, mulai dari Ketua, Wakil, Sekretaris, Bendahara, dan keterwakilan perempuan 30 persen. Kemudian, status kantor yang menjadi sekretariat kantor, serta keanggotaan yang dihadirkan sebanyak 25 persen dari jumlah anggota yang berada di aplikasi Sipol,” jelas Deby.

Selain itu, Ketua DPD PAN Kota Bengkulu, Hj Mardiyanti SH menuturkan kepengurusan partai PAN cukup solid, sehingga tidak ada persoalan yang berarti dalam menghadapi verifikasi faktual. Ia juga sudah menghadirkan seluruh pengurus tanpa ada yang izin atau sakit.

“Tidak ada kendala, untuk keterwakilan perempuan sudah kita hadirkan 7 orang tadi perwakilannya. Kalau untuk total keanggotaan kita sebanyak 403 orang di Kota Bengkulu, jadi kita sudah menghadirkan 5 persen dari jumlah total. Kami optimis bisa lolos,” ungkap Mardiyanti.(777)