Verifikasi Ulang Koptan

Foto:IST

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Dinas Pertanian Kabupaten Kaur di tahun ini akan memeriksa ulang data kelompok tani (Koptan) yang ada di Kabupaten Kaur. Tujuannya agar kelompok yang ada benar-benar kelompok ingin bekerja sama bukan hanya mengandalkan bantuan semata. Koptan yang benar-benar berkelompok itu akan diberikan bantuan bila sudah ada alokasi bantuan yang akan disalurkan, sementara yang hanya akan mengharapkan bantuan saja akan ditolak proposalnya.

”Saya sudah perintahkan kepada sejumlah bidang perhatikan jangan ada koptan yang rakus bantuan, kalau sudah dapat tracktor dan masih mengajukan bantuan lagi itu namanya rakus, seharusnya diberikan kesempatan kepada kelompok lain,” kata Nasrul Rahman MSi, kemarin (22/1).

Dikatakannya, ia juga meminta sejumlah kelompok jangan mengarang-ngarang data, harus menyampaikan sesuai dengan yang sebenarnya diukur sesuai lahan dilapangan, bukan berdasarkan perkiraan. Seperti hamparan kebun, sawah dan lain sebagainya, yang dilaporkan juga harus penghitungan sesuai dengan yang sebenarnya. Menurutnya petani jangan menggantungkan hidup dengan orang lain mengharapkan bantuan tiba.

“Kalau memang sawah ini tak bisa ditanam tiga kali setahun jangan dipaksakan, cukup tanam dua kali sisanya tanam tanaman lain. Contohnya misalnya jagung kedelai dan yang lainnya,” tegasnya.

Ditambahkannya, ia belum bisa memastikan berapa banyak bantuan yang akan disalurkan kepada sejumlah kelompok tani tahun ini, mengingat bantuan yang biasanya dikucurkan dari provinsi atau kementan sampai saat ini belum diterima rinciannya untuk tahun 2020 ini. Hanya saja dipastikannya bagi kelompok atau nama anggotanya yang sudah mengusulkan bantuan dan mendapat bantuan.“Kita berharap kembali menerima bantuan serupa lagi di masa-masa selanjutnya sebab masih banyak warga Kaur yang juga membutuhkan bantuan,” harapnya.(618)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*