Van Persie “Hattrick”, Setan Merah Rayakan Gelar Ke-20

manchester-united-vs-villaManchester United mengukuhkan gelar juara Premier League ke-20 setelah berhasil mengalahkan Aston Villa dengan skor 3-0 di Old Trafford, Senin atau Selasa (23/4/2013) dini hari WIB. Berkat kemenangan ini, Setan Merah kokoh di puncak klasemen dengan merangkum 84 poin, atau unggul 16 poin dari pesaing terdekatnya, Manchester City. Torehan MU tersebut mustahil dilampaui oleh Manchester Biru meskipun meraih kemenangan dalam liga laga sisa.

Kemenangan The Red Devils tidak terlepas dari penampilan gemilang Robin van Persie yang sukses menciptakan hattrick pada pertandingan ini.

Van Persie mencetak gol pertamanya saat laga baru berusia dua menit. Gol berawal dari umpan akurat yang dilepaskan Rafael kepada Ryan Giggs yang berdiri di dalam kotak penalti lawan. Dengan cepat, Giggs melepaskan umpan yang langsung disambut Van Persie dengan tembakan keras. Kiper Brad Guzan tak mampu berbuat apa-apa setelah bola bersarang ke sisi kiri gawangnya. Van Persie merayakan golnya dengan emosional karena gelar juara yang diidam-idamkannya semakin dekat.

Van Persie benar-benar tampil trengginas. Pemain yang diboyong Arsenal itu kembali mencetak gol pada menit ke-13.

Kali ini, gol Van Persie terbilang indah. Tanpa mengontrol bola, Van Persie langsung melepaskan tembakan dari umpan yang dilepaskan Wayne Rooney dari tengah lapangan. Bola meluncur deras ke sisi kanan gawang Villa.

Nama Van Persie kembali dielu-elukan publik Old Trafford setelah pemain berusia 29 tahun tersebut mencetak gol ketiga pada menit ke-33. Itu menjadi hattrick kelima bagi Van Persie di Premier League, sejajar dengan Andy Cole, Dimitar Berbatov, Ian Wright, dan Ruud van Nistelrooy.

Gol ini tidak terlepas dari penampilan cemerlang Giggs yang berhasil mengeksploitasi sisi kanan pertahanan tim tamu. Berhasil menembus ke dalam kotak penalti lawan, pemain gaek asal Wales ini dengan jeli mengirimkan bola kepada Van Persie. Van Persie berhasil mengontrol bola dan kemudian sukses menceploskan si kulit bulat meskipun ada beberapa pemain Villa berdiri di bawah mistar untuk menghalau tembakan Van Persie. Torehan tiga gol ini menambah pundi-pundi gol penyerang berusia 29 tahun tersebut menjadi 23 gol. Gol itu pula membuat Setan Merah unggul 3-0 pada babak pertama.

Selepas jeda, MU cukup mendapatkan tekanan bertubi-tubi dari kubu lawan. Sebuah tembakan jarak jauh yang dilepaskan El Ahmadi nyaris bersarang ke gawang MU. Beruntung, kiper David De Gea berhasil menepis bola.

MU membalasnya melalui tusukan Antonio Valencia di sisi kanan. Valencia dengan tenang memberikan bola kepada Shinji Kagawa yang berdiri di dalam kotak penalti pada menit ke-76.

Begitu menguasai bola, Kagawa berhasil mengecoh lawan. Namun, tinggal berhadapan dengan lawan, Kagawa gagal menyarangkan bola. Tembakan kaki kiri yang dilepaskan bekas pemain Borussia Dortmund itu malah melayang di atas mistar gawang Villa.

Ancaman tersebut tak membuat Villa kehilangan semangat. Mereka tetap memberikan perlawanan, sedangkan Setan Merah berusaha bersabar dalam mengkreasi serangan. Sama halnya dengan babak pertama, Robin van Persie dan kawan-kawan lebih banyak mengeksploitasi sisi kiri pertahanan tim tamu.

Pada menit-menit akhir, Old Trafford bergemuruh dengan teriakan “ChampioneChampione….” Dan benar saja, begitu laga usai, penonton berteriak dan bernyanyi. Para pemain MU pun bernyanyi dan melompat-lompat.

Susunan Pemain
Manchester United:
1-David De Gea; 2-Rafael, 3-Patrice Evra, 4-Phil Jones, 6-Jonathan Evans; 7-Antonio Valencia, 10-Wayne Rooney (Welbeck 70), 11-Ryan Giggs, 16-Michael Carrick, 26-Shinji Kagawa; 20-Robin Van Persie
Pelatih: Sir Alex Ferguson

Aston Villa: 22-Brad Guzan; 4-Ron Vlaar, 27-Joseph Bennett (Ciaran Clark 80), 32-Nathan Baker, 34-Matthew Lowton; 10-Charles N’Zogbia (Karim El Ahmadi 46), 11-Gabriel Agbonlahor, 15-Ashley Westwood, 16-Fabian Delph, 26-Andreas Weimann; 20-Christian Benteke
Pelatih: Paul Lambert

Wasit: Anthony Taylor