Validasi dan Verifikasi Data adalah Tugas Bersama

Bupati Mian saat membuka secara resmi Sosialisasi Pelaksanaan Validasi dan Verifikasi Data PBDT penerima rumah tidak layak huni (RTLH) tahun anggaran 2020.

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) bersama Dinas Sosial (Dinsos) BU, rabu (26/2) menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Validasi dan Verifikasi Data dalam rangka pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) penerima rumah tidak layak huni (RTLH) tahun anggaran 2020.

Dimana pelaksanaan sosialisasi tersebut berlangsung di aula Hotel Mutiara Arga Makmur, yang dibuka langsung secara resmi oleh Bupati BU Ir H Mian dan dihadiri seluruh camat dan para Kasi Sosial se-Kabupaten BU.

Usai membuka sosialisasi tersebut Bupati BU Ir H Mian mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi Validasi dan Verifikasi PBDT ini adalah tugas negara dan ini adalah tugas kita bersama untuk masyarakat yang kurang mampu.

Sehingga dapat memudahkan warga miskin dan rentan miskin menjangkau layanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, baik yang dikelolah pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten semuanya tepat sasaran.

“Ya, atas nama Pemkab BU berharap data penerima bantuan, seperti RLTH, KIS, PKH, BPNT, KUBE dan lain sebagainya tepat sasaran. Hal ini lah salah satu tujuan dari kegiatan ini supaya mendapatkan data yang akurat agar program tepat sasaran. Ini tugas kita bersama,” kata bupati.

Dirinya pun menambahkan, bahwa untuk di Kabupaten BU saat ini sudah mengalami penurunan angka hingga 3 digit yang sebelumnya dari 14 persen lebih dan sekarang sudah menjadi 11 persen lebih.

Untuk itu dirinya juga mengimbau kepada seluruh instansi terkait untuk benar-benar mendata data secara valid jangan sampai angka kemiskinan turun warga miskin tetap.

“Dengan telah turunnya angka kemiskinan kita ini, harus diikuti juga dengan jumlah warga miskin harus turun. Jangan sampai mereka selalu senang menerima dari pada memberi. Hal ini datanya harus benar-benar konkret. Dan tegaskan kepada seluruh camat dan Kasi Sosial hal ini harus ter-mapping dengan benar,” imbaunya.

Lebih lanjut, Bupati Mian juga menuturkan, bahwa pihaknya juga telah memprogramkan sambang warga. Program ini agar Camat, Kepala Desa dan Lurah agar proaktif melakukan verifikasi data penerima manfaat, seperti penerima RTLH, KIS, PKH, BPNT, Bantuan Lansia dan lain sebagainya agar lebih menukik lagi.”Kita juga memprogramkan program sambang warga, agar program ini lebih menukik lagi dan tepat sasaran. Jadi semua masalah bansos terrecord semua dengan bagus,” tandasnya. (127)