Vaksinasi CJH Benteng Dilakukan di 3 Puskesmas

Kasi PHU Kemenag Benteng, H Kharnolis SSos

BENTENG,bengkuluekspress.com – Meskipun belum ada kepastian tentang waktu pemberangkatan, seluruh calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) tetap bersiap-siap. Salah satunya adalah menjalani penyuntikan vaksin Covid-19 yang dimulai Senin (22/3).
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Benteng, H Sipuan SAg MH, melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), H Kharnolis SSos mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan pemberitahuan kepada semua CJH agar mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) penyuntikan vaksin.
“Yang disuntik vaksin ada 92 orang CJH. Mereka merupakan CJH yang ditunda keberangkatannya pada tahun 2020 lalu,” ungkapnya.

Setelah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Benteng, penyuntikan vaksin dilakukan di 3 lokasi. Yaitu, Puskesmas Ujung Karang Kecamatan Karang Tinggi, Puskesmas Kembang Seri Kecamatan Talang Empat dan Puskesmas Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa.
“Kami belum mendapat laporan berapa banyak yang sudah divaksin hari ini. Hanya saja, bagi yang belum bisa datang keesokan harinya,” jelas Kharnolis.

Untuk teknis pemberangkatan CJH ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi, dirinya belum mendapatkan kejelasan dari Pemerintah Arab Saudi. Pun begitu, Kemenag Benteng memastikan bahwa CJH dalam kondisi siap berangkat tatkala gerbong pemberangkatan diperbolehkan nantinya.
“Kita harus bersiap-siap seandainya bisa diberangkatkan. Jika ada, diprediksi akan diberangkatkan pada bulan Juli,” terangnya.

Lebih lanjut, Kharnolis menuturkan, persiapan lain juga telah dilakukan. Salah satunya adalah kelengkapan paspor yang sudah dikirim ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Bengkulu.
“Hanya tinggal manasik saja dan menunggu informasi pemberangkatan. Sampai saat ini, rencana perjalanan haji (RPH) belum kami terima,” tandasnya.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*